Mohon tunggu...
FARIHA NOORAL
FARIHA NOORAL Mohon Tunggu... Balaraja, Banten

Memberikan pengetahuan dengan tulisan

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Lebaran dan Ketupat

14 Mei 2021   04:16 Diperbarui: 14 Mei 2021   04:16 23 1 0 Mohon Tunggu...

Hari raya idul Fitri merupakan hari raya yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim di dunia. Setelah melaksanakan puasa selama satunbulan penuh, seluruh umat muslim di dunia bersuka cita menyambut hari yang fitrah ini. Gema takbir dipenjuru dunia didengungkan sejak berbuka puasa dihari terakhir romadhon sampai pelaksanaan sholat idul Fitri selesai.

Umat muslim didunia besuka cita mendengungkan takbir, menunggu pagi hari untuk menyambut idul Fitri untuk sholat di hari raya dengan pakaian yang terbaik. Wajah yang berseri-seri menyambut kemenangan. Doa dinaungkan untuk bisa bertemu kembali pada romadhon yang akan datang dalam keadaan sehat.

Dihari yang fitrah ini seluruh umat muslim dipenjuru dunia seperti dilahirkan kembali, memulai semua nya dari nol. Memaafkan setiap kesalahan atau hal yang pernah menyakitinya. Yang saling diam, menjadi saling bicara. Yang tak bertegur sapa, menjadi obrolan asik. Hari yang penuh fitrah melapangkan hati untuk memaafkan dan memulai semuanya dengan yang baru.

Tidak hanya untuk saling memaafkan, momen lebaran ini menjadi hal yang besar. Terutama perihal makanan, yaitu Ketupat. Tak ketinggalan demgan opor ayam yang paling khas disuasana yang Fitri ini. Ketupat merupakan makanan yang dibuat dari beras yang direbus dengan dibungkus dengan daun kelapa muda.

Ketupat menjadi makanan yang paling utama saat lebaran dengan pasangannya yaitu opor ayam. Tak dipungkiri setiap daerah memiliki pasangannya sendiri untuk dilahap dengan ketupat. Ada beberapa daerah yang menyantapnya tidak hanya dengan opor ayam. Salah satu contoh daerah jawa tengah, dalam perayaan hari raya idul fitri ini pasangan ketupatnya selain opor ayam yaitu sayur sambel goreng labu dan sambel tumpeng.

Ketupat selalu menjadi makanan yang paling dicari saat lebaran. Karena kekhasannya hanya ada saat lebaran. Mungkin sering kali kita menemukan makanan yang berbahan dasar ketupat sehari-hari, tetapi ketupat diwaktu lebaran memiliki kekhasannya tersendiri.

Oleh karena itu lebaran dan ketupat menjadi suatu ikatan yang paling dekat, karena setiap kali sebelum hari H lebaran pasar sudah dipenuhi penuhi penjual ketupat dan ibu-ibu akan segera memasaknya menjadikan sajian waktu lebaran. Dan masyarakat pun akan selalu mengingat bahwa setiap kali bulan Ramadhan akan berakhir akan bersuka cita untuk menyambur hari ray idul fitri yaitu menyantap ketupat Bersama keluarga.

VIDEO PILIHAN