Fariz Ragil Ramadhani
Fariz Ragil Ramadhani

Digital Marketer Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Ini 5 Aplikasi Fintech Unggulan di Indonesia, Sudah Pakai Belum?

12 Februari 2019   14:39 Diperbarui: 12 Februari 2019   15:11 317 0 0
Ini 5 Aplikasi Fintech Unggulan di Indonesia, Sudah Pakai Belum?
source: freepik.com

Dunia semakin berubah dengan beragam inovasi yang dilakukan manusia, termasuk di bidang teknologi. Dengan berkembangnya teknologi, segala aspek mulai dari pekerjaan, pendidikan, kesehatan, bahkan hingga finansial maupun bisnis pun juga berkembang. 

Hal ini terbukti dengan munculnya beberapa jenis bisnis online yang muncul di pasaran. Selain e- commerce yang merambah ke berbagai kalangan, kini juga pelaku teknologi dikejutkan dengan kemunculan industri baru yaitu financial technology atau yang sering disebut juga dengan fintech.

Memang banyak yang masyarakat yang belum mengetahui fintech karena bisnis ini memang belum lama dikembangkan dan diketahui. Namun seiring dengan berkembangnya teknologi, kita bisa menemukan beberapa perusahaan fintech yang semakin banyak digunakan, bahkan telah didukung dengan aplikasi dengan keamanan tinggi dan fitur yang sangat menguntungkan. 

Tujuan dari perusahaan teknologi keuangan ini sendiri adalah untuk memudahkan masyarakat mengakses produk keuangan, melakukan beragam transaksi keuangan, serta meningkatkan pemahaman tentang literasi keuangan.

Apa saja aplikasi fintech terbaik yang sudah banyak digunakan di Indonesia? Simak ulasan berikut yuk!

1. Fastpay

Fastpay merupakan salah satu aplikasi fintech terbaik di Indonesia saat ini yang paling banyak digunakan. Didirikan oleh PT Bimasakti Multi Sinergi, aplikasi ini bergerak dalam bidang IT. Pada dasarnya, perusahaan ini memfokuskan dalam bisnis micropayment yang memudahkan pengguna untuk melakukan transaksi.

Dengan fitur utamanya e-payment, sehingga aplikasi ini mengembangkan transaksi pembayaran elektronik secara mudah jika kita belanja. Mulai dari pembayaran tagihan bulanan (PLN, PDAM, Telkom, BPJS, dst), pembelian voucher game, pembelian e-toll, agen perbankan, agen ekspedisi, dan masih banyak lagi. 

Fastpay telah digunakan oleh lebih dari 130ribu mitra yang tersebar di seluruh Indonesia. Keuntungan yang didapatkan yaitu adanya bonus atau fee setiap transaksi yang akan menguntungkan setiap penggunannya.

Dengan fitur aplikasi yang mudah dan dapat digunakan di ponsel maupun komputer, Fastpay hadir sebagai salah satu aplikasi fintech yang sangat cocok untuk menambah penghasilan bulanan. Menariknya, Fastpay 100% dikelola oleh pemuda kreatif Indonesia. Hal ini sesuai dengan mottonya yakni "Indonesiakan Indonesia.

2. Doku

Salah satu aplikasi fintech terbaik di Indonesia lainnya yang bisa kita pilih adalah Doku. Tentu saja, jika Kita biasa memakai fitur Facebook Adsense, tentu sudah akrab dengan aplikasi yang satu ini, sebab Doku memang telah digunakan sebagai alat pembayaran secara online di Indonesia sejak 2007.

Dalam hal fungsi, Doku mempunyai tiga produk utama yang paling, diantaranya yakni:

  • Doku Wallet, digunakan untuk menyimpan uang digital
  • Doku Enterprise, digunakan dalam sistem pembayaran yang berskala besar
  • Serta Doku My Shopping Cart, digunakan khusus bagi bisnis kecil, menengah maupun situs e-commerce yang besar.

Untuk pembayarannya sendiri, Doku menyediakan beberapa sistem pembayaran, , mulai dari PayPal, E-Pay BRI, VISA, Mastercard, BNI Debit online ataupun lainnya Sedangkan untuk kegunaan, aplikasi fintech terbaik di Indonesia ini memiliki beberapa kegunaan, diantaranya seperti membeli pulsa, bayar kartu kredit, bayar cicilan, atau keperluan rumah tangga lainnya.

3. T-Cash

T-Cash merupakan aplikasi yang diusung oleh provider terbesar Indonesia yakni Telkomsel. Dibuat sejak tahun 2010, aplikasi dari Telkomsel ini memiliki manfaat untuk memudahkan transaksi, seperti untuk membeli pulsa, berbelanja, membayar tagihan, membayar merchant, bahkan bisa digunakan untuk mengirim uang.

Kabar baiknya, fintech terbaik di Indonesia, T-Cash ini, telah mendapatkan izin atau legalitas secara resmi dari Bank Indonesia, sehingga penggunaannya sangat sangat terjamin.

Tak hanya itu saja, saat ini juga telah terdapat banyak merchant yang mendukung transaksi melalui T-Cash, diantaranya Gramedia, Cinema XXI, Wendy's, The Coffee Bean, Blanja.com, Baskin Robbins, McDonald's, serta masih banyak lainnya.

Tertarik untuk mencoba kemudahannya? Ini dia cara mengaktifkan T-Cash:

  • Pertama, aktifkan Tcash dahulu dengan cara menghubungi kontak *800*88##
  • Selanjutnya, gunakan stiker T-cash yang ada di Grapari terdekat.
  • Lalu, tempelkan stiker T-Cash pada Smartphone, dan nantinya pihak Customer service, akan membantu Kita untuk mengaktifkan nomor pin T-Cash
  • Setelah selesai, maka kini Kita bisa menggunakan T-Cash untuk melakukan transaksi apa saja yang diinginkan.

4. Uang Teman

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2