Mohon tunggu...
farida aziz
farida aziz Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Taman Nasional Petungkriyono, Alternatif Rayakan Liburan Pergantian Tahun

10 November 2018   12:11 Diperbarui: 10 November 2018   16:22 494 0 0 Mohon Tunggu...

Selain taman nasional Ujung Kulon, Gunung Leuser dan pulau Komodo, Indonesia kini punya warisan alam yang nggak kalah keren loh yakni Petungkriyono. Tepatnya ada di Desa Yosorejo, Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan hutan yang masih asri itu bersembunyi. Kamu bakal dimanjakan pemandangan hijau dan juga hawa yang sejuk dari hutan Petungkriyono. 

Sejak dibuka ditahun 2014, tempat wisata Petungkriyono bagaikan magnet yang sangat kuat menarik wisatawan lokal maupun internasional. Ditahun 2016 secara resmi Bupati Pekalongan meresmikan Petungkriyono sebagai warisan alam Indonesia atau Petungkriyono National Nature Heritage. Sebelum menyandang warisan alam nasional, Petungkriyono terlebih mendapat gelar Cultural Techno Foretry Park atau pusat pengembangan ilmu pengetahuan.

Dokpri
Dokpri
Dipastikan kamu nggak bakal nyesel karena sepanjang menyusuri hutan 7000 hektar, mata juga akan dimanjakan dengan kehadiran flora dan fauna endemik Petungkriyono seperti Elang Jawa, Owa Jawa. Dan yang pasti download juga aplikasi Pegipegi agar liburan kamu semakin mudah dan menyenangkan. Buat kamu yang suka bermain air tenang aja karena disini surganya air. Kurang lebih ada 5 curug ada didalam hutan yakni Curug Sibedil, Curug Bajing, Curug Lawe, Curug Welo, Curug Sibedug dan Jembatan Sipingit. 

r-5be6a31a43322f5b1e2eb5d6.jpg
r-5be6a31a43322f5b1e2eb5d6.jpg
Tidak hanya akademisi atau peneliti lokal Indonesia saja, bahkan awal dibukanya Petungkriyono sebagai destinasi wisata sudah ada tiga negara tetangga yang tertarik melakukan penelitian di Petungkriyono. Pada awal bulan Agustus Kabupaten Pekalongan juga mendapat penghargaan Adipura setelah 19 tahun lamanya. Satu hal lagi yang tidak boleh dilewatkan saat kamu mengunjungi Petungkriyono yakni mencicipi kopi khas Petungkriyono, kopi Owa Jawa. Kopi ini menjadi salah satu upaya konservasi alam dan pelestarian hewan endemik Petungkriyono.

Gimana kamu tertarik Pegipegi kesini? Saatnya menjelajah wisata Indonesia dan segera agendakan liburan akhir tahun atau liburan tahun baru bersama teman-temanmu dan pesan tiket di Pegipegi.

VIDEO PILIHAN