Di tengah pusaran revolusi digital yang bergerak begitu cepat, kehidupan bermasyarakat tak lagi sama. Ekonomi Indonesia beradaptasi dengan setiap pergeseran, menyaksikan bagaimana teknologi mengubah cara hidup dan berinteraksi. Jika dilihat dari fenomena yang terjadi ekonomi Indonesia cukup kontras; yakni berkembang pesatnya dunia digital dan teknologi dihampir seluruh lapisan masyarakat kota namun di sisi lain banyak pelaku usaha mengalami kesulitan untuk beradaptasi terutama skala usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebab mereka memiliki keterbatasan akses, biaya, dan yang paling fundamental mereka tidak cukup memiliki literasi digital, hal ini yang menyulitkan para pelaku usaha terutama UMKM untuk terus berkembang. Perlu diketahui lebih dari 60% PDB indonesia disumbangkan oleh para pelaku UMKM, mereka adalah tulang punggung negara yang mampu menyerap lapangan pekerjaan di Indonesia, dengan kata lain keberadaan UMKM sangatlah bermanfaat sebagai motor penggerak ekonomi nasional guna mengurangi ketimpangan ekonomi di Indonesia (Supriyanto, 2025). Sebagai generasi yang akrab dengan digitalisasi, mahasiswa punya peran penting. Mereka harus mengubah pengetahuan menjadi aksi nyata, seperti melalui program kerja nyata, untuk membantu UMKM agar bisa bersaing di era digital.
     Literasi digital merupakan kunci utama bagi para pelaku UMKM  untuk mampu bertahan dari gempuran ekonomi dan  mampu berinovasi mengikuti perkembangan zaman, namun masih banyak pelaku UMKM yang merasa mengalami kesulitan untuk tetap bertahan dan mampu mengembangkan bisnis yang mereka jalani. Dengan berbekal pengetahuan teoritis serta pengalaman belajar di era digital mahasiswa memiliki kunci untuk membantu para pelaku UMKM naik kelas, melalui aksi nyata Kuliah Kerja Nyata (KKN) serta program kegiatan sosial lainnya diharapkan mahasiswa mampu menjadi mitra strategis bagi UMKM untuk naik kelas. Menggabungkan sinergi mahasiswa dengan UMKM adalah kunci perubahan. Kolaborasi ini bukan hanya mempercepat laju pertumbuhan UMKM, melainkan juga memperkuat fondasi ekonomi bangsa dengan memperbesar PDB dan menyediakan lapangan kerja baru. Sosial media adalah salah satu strategi pemasaran online yang bisa menguntungkan bagi pelaku UMKM sebab apabila dibandingkan dengan cara pemasaran konvensional, strategi ini dinilai efektif untuk meningkatkan penjualan produk serta lebih hemat biaya . Pemasaran melalui media sosial juga memerlukan teknik yang tepat agar pesan yang ingin disampaikan dan produk yang akan dijual dapat diterima dengan baik oleh calon konsumen (Kemenkeu RI, 2023). Sebagai langkah awal, mahasiswa menggunakan pemasaran digital dapat menjadi media utama dalam mengembangkan sistem digital yang ada sehingga fungsi ini tidak hanya memiliki keterbatasan namun juga membuka sisi pengetahuan bagi pengguna UMKM untuk memantau tahapan perluasan pangsa pasar atau jaringan konsumen dengan pemasaran yang mencangkup seluruh lapisan masyarakat diharapkan dapat meningkatkan volume penjualan yang berujung pada peningkatan pendapatan (Pratama, 2024). Langkah strategis mahasiswa dalam membantu UMKM untuk naik kelas dapat dilakukan dengan :
- Transformasi Pemasaran dari Konvesional ke digital
- Digitalisasi Manajemen Keuangan dan Bisnis
- Berkolaborasi Dengan Inovasi Produk Berbasis Data
Sinergi antara mahasiswa yang melek digital dan UMKM yang tangguh adalah kunci utama. Dengan terus menggaungkan literasi digital, mahasiswa memastikan bahwa UMKM tidak hanya bertahan di tengah gempuran teknologi, tetapi juga mampu "naik kelas". Bedasarkan pemaparan yang telah dijabarkan oleh penulis diharapkan para pelaku UMKM maupun pembaca mampu mengimplementasikan dan berdampak bagi sekitar
Nama : Farel Saputra
NIM : 1701625039
Program Studi : Pendidikan Ekonomi
Kelompok : 15Â
Daftar Pustaka
Supriyanto, B. E. (2025, Maret 24). Peran APBN dalam Mendukung Sektor UMKM sebagai Motor Ekonomi. KEMENTERIAN KEUANGAN RI diambil dari https://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/watampone/id/data-publikasi/309-artikel/3876-peran-apbn-dalam-mendukung-sektor-umkm-sebagai-motor-ekonomi.html
Pratama, Y. B. M., Shelyanti, A., Setiawan, P.A.R., Kader, A.M., Prawiranegara, B. (2024, Desember). Digitalisasi UMKM Melalui Literasi Digital dan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kualitas Produk dan Volume Penjualan. Indonesia Journal Publisher diambil dari https://comdev.pubmedia.id/index.php/comdev, hal 351