Pesona Keindahan Dieng Plateau

1 Januari 2017   21:50 Diperbarui: 1 Januari 2017   22:18 140
Dokumentasi pribadi

Pada beberapa waktu yang lalu saya dan keluarga saya berpergian ke daerah jawa, dan untuk lokasinya daerah yang kami kunjungi itu adalah dieng plateau, walaupun sempat binggung untuk sampai kedaerah itu karena saat perjalanan kami berpatokan dengan arah gps entah mengapa gps itu mengarahkan kami ke jalanan yang cukup menegangkan dan extrem, karena posisi sudah malam dan juga minim penerangan hanya bermodal lampu mobil, dijalanan tersebut hanya dilalui oleh mobil-mobil pengangkut sayuran. Ternyata, yang kami lewati itu adalah area perkebunan disitu terdapat pabrik perkembunan tambi, namun orang disitu bilang kalau jalanan itu adalah jalur alternatif untuk cepat sampai ke dieng. Namun, jalanan itu sangat tidak disarankan karena jalanannya rusak dan juga sempit.

Sesampainya di pertigaan jalan raya dieng kami langsung mengarah ke dieng plateau, jalanan mulai menanjak dan udara semakin dingin, dan setelah 20 menitan sampailah kami di dieng plateau karena sudah malam kami memutuskan untuk mencari penginapan di dekat situ. Warga disitu menyarankan untuk bangun jam 3 pagi untuk melihat golden sunrise yang terkenal itu. Kami pun beristirahat sejenak untuk melepas lelah setelah perjalanan yang cukup melelahkan dan jauh.

Waktu pukul jam 3, kami bergegas untuk pergi untuk melihat golden sunrise itu di daerah sikunir. Sebelum naik ke bukit sikunir tepat jam 5 kami melakukan sholat subuh di masjid di dekat situ. Udara sangat dingin mungkin sekitar 15°C, setelah melakukan sholat subuh kami langsung bergegas untuk naik ke bukit. Waktu untuk naik sampai ke puncak memerlukan waktu sekitar 20-30 menit. Sesampainya di atas pemandangannya menakjubkan. Ada gunung yang diselimuti oleh awan dan juga udara yang segar. Namun, katanya untuk menikmati golden sunrise dieng waktu yang paling pas adalah pada saat bulan agustus-september karena posisi pada bulan itu moment yang paling pas untuk melihat golden sunrise yang baik. Namun kami tidak merasa kecewa justru kami bersyukur bisa melihat keindahan dan pesona alam ciptaan tuhan yang begitu sempurna nan indah. Semoga ini menjadi referensi jika ingin berpergian ke daerah jawa untuk mampir ke daerah dieng.