Mohon tunggu...
Farah Anastasia
Farah Anastasia Mohon Tunggu...

Jatuh cinta pada alam https://www.instagram.com/farahanastasia/

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Pacitan, Surga Tersembunyi di Jawa Timur

2 November 2018   11:42 Diperbarui: 2 November 2018   15:56 670 5 3 Mohon Tunggu...
Pacitan, Surga Tersembunyi di Jawa Timur
Pantai Klayar (Foto Pribadi)

Tahukah kamu Pacitan salah satu wisata Indonesia yang memiliki pantai-pantai indah? Tidak kalah dari Bali, Pacitan memiliki beberapa pantai dengan pasir putih sebagai tempat wisata yang wajib kamu kunjungi. 

Kabupaten Pacitan terletak di ujung Barat daya provinsi Jawa Timur dan berbatasan dengan Jawa Tengah. Aku dan teman-teman  memulai perjalanan dari Klaten Jawa Tengah sekitar jam 03.00 dan sampai di Pacitan jam 06.00. Jika kamu memulai perjalanan dari Surabaya kira-kira akan menempuh 5 jam perjalanan dengan mobil. 

Udara pagi itu sangat sejuk, ketika kami sampai di Pacitan. Beruntungnya jalanan disana sudah diperbaharui dengan aspal. Tempat pertama yang kami kunjungi adalah pantai Klayar. Jalanan berliku liku masih harus ditempuh dari pusat kota untuk bisa sampai di Pantai Klayar. Sekitar jam 7 pagi kami sampai di Pantai Klayar. 

Terlihat beberapa penginapan ketika memasuki kawasan pantai Klayar. Dan kami harus parkir di area parkir atas karena parkir di pantai sudah penuh. Ya masih pagi tetapi sudah banyak wisatawan yang datang. Dari area parkir harus berjalan sekitar 200 meter ke bawah untuk sampai di pantainya. 

Kemudian kami langsung berlari untuk bermain air di pinggir pantai. Pasir pantainya putih dan lembut dan terdapat pemandangan karang yang unik. Berjalanlah ke ujung pantai sampai mentok karena akan disuguhi pemandangan 2 karang yang seakan melindungi pantai dari ombak besar. Bentuk karang yang cekung menyebabkan ombak yang datang menyembur cukup tinggi. Seru loh bermain di pinggir pantainya, berkejar kejaran dengan ombak. Tetapi jangan berenang ya ombaknya tinggi sekali.

Harga tiket masuk pantai Klayar hanya Rp. 5.000 per orang untuk weekday dan Rp. 10.000 per orang untuk weekend. Fasilitasnya juga sudah cukup baik terdapat kamar mandi dan mushola. Di pantai ini juga disewakan ATV seharga Rp. 25.000 per orang. Kita dapat memakai ATV  untuk menyusuri pinggir pantai. Karena kami masih ingin mengeksplor pantai lainnya, sekitar jam 10 pagi kami sudahi bermain di pantai Klayar.

Pantai Banyu Tibo

Perjalanan kami lanjutkan menuju pantai Banyu Tibo yang tidak terlalu jauh dari pantai Klayar. Berbekal google maps sampilah kami di pintu masuk kawasan pantai Banyu Tibo. Kami kira macet ternyata untuk masuk ke pantai mobil harus antri bergantian dengan mobil yang keluar dikarenakan jalurnya hanya bisa untuk satu arah mobil. Setelah menunggu beberapa menit gigilarn mobil kami masuk dan sampai di area parkir. Dari area parkir kita sudah bisa melihat pantai Banyu Tibo yang berada di bawah dengan air terjun kecil yang menjadi ciri khas pantai ini. 

Pantai Banyu Tibo (Foto ksmtour.com)
Pantai Banyu Tibo (Foto ksmtour.com)
Melihat pantai yang cantik ini kami langsung berjalan turun ke bawah. WOW pasirnya halus mulus bersih membuat kami tak sabar untuk bermain di pinggir pantainya. Foto foto pun menjadi kewajiban hehe. Walaupun panas terik tidak menghalangi kami untuk mengeksplor pantai ini. Kami berjalan ke sisi kiri pantai dan menemukan pemandangan yang sangat indah. 

Sisi kiri pantai Banyu Tibo (Foto pribadi)
Sisi kiri pantai Banyu Tibo (Foto pribadi)
berfoto di sisi kiri pantai (Foto Pribadi)
berfoto di sisi kiri pantai (Foto Pribadi)
Karena hari semakain siang dan sengatan matahari makin panas, kami menyudahi bermain dan melanjutkan perjalanan ke tujuan berikutnya.

Sungai Maron Pacitan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN