Mohon tunggu...
Farah Aliyah Syahidah
Farah Aliyah Syahidah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Long life learner

Pembelajar yang berkecimpung di dunia psikologi pendidikan, literasi, bisnis dan kerelawanan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pelaksanaan Konseling Individu di Sekolah

5 Juni 2022   21:50 Diperbarui: 5 Juni 2022   22:01 142
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Assalamu'alaikum, readers! Selamat malam. Hari ini penulis ingin menulis dua tulisan sekaligus, sebenarnya tulisan ini sudah penulis pikirkan jauh-jauh hari, tapi karena penulis memiliki beberapa kesibukan, jadi penulis baru bisa menulis malam ini. Baiklah, malam ini penulis akan berbagi format laporan yang penulis buat sendiri (based on yang penulis dapatkan semasa kuliah) kemudian penulis elaborasi sehingga membentuk format baru.

Meskipun bekerja menjadi guru BK, tidak dapat dipungkiri, nilai-nilai psikologi dan pelajaran yang penulis dapat semasa kuliah turut ikut mewarnai pengalaman penulis saat bekerja. Memang saat menjadi guru BK, guru BK kurang menekankan pada aspek pribadi individu, dimana biasanya guru BK hanya memantau secara umum, sementara ilmu psikologi cenderung memandang manusia sampai aspek terkecilnya, seperti atom adalah aspek terkecil dari sebuah benda.

Jadi, sebelum penulis memaparkan format laporan konseling individu, konseling akan memaparkan proses pelaksanaan konseling individu yang penulis lakukan selama ini, di antaranya,

  • Penulis akan memanggil siswa (selama tidak sedang ujian) untuk datang ke ruang BK
  • Penulis akan mempersilakan siswa untuk duduk nyaman di ruang konseling individu (tempat fleksibel sesuai kenyamanan siswa)
  • Penulis akan memeprsiapkan berkas-berkas (kartu konseling, beberapa angket yang diperlukan, worksheet jika diperlukan)
  • Penulis melaksanakan konseling individu
  • Menyusun laporan konseling individu
  • Melaporkan pada pihak-pihak yang akan diajak untuk bekerjasama (berdasarkan izin konseli)

Nah oleh karena itu, insyaAllah penulis akan berbagi beberapa worksheet, kartu konseling dan format hasil konseling individu, semoga bermanfaat, selamat berpetualang!

Berikut untuk file format hasil konseling individu : https://www.researchgate.net/publication/361101357_Format_Laporan_Hasil_Konseling

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun