Mohon tunggu...
Humaniora

Pengrajin Ondel-ondel Srengseng Sawah

25 Oktober 2016   11:59 Diperbarui: 25 Oktober 2016   12:18 0 2 0 Mohon Tunggu...
Pengrajin Ondel-ondel Srengseng Sawah
Dokumentasi Pribadi

“Sebagai generasi muda betawi saya memiliki kewajiban secara moral, agar bagaimana budaya betawi tetap dikenal di mancanegara, di seluruh masyarakat Indonesia baik dari kecil sampai besar, salah satunya untuk mengenal budaya adalah melalui boneka ondel-ondel,” ujar Jazuri atau yang disapa Bang Jacx merupakan pendiri sanggar Seni Citra Argawana.

Apabila kita berkunjung ke kawasan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan kita akan menemukan salah satu sanggar seni yang telah banyak dikenal oleh masyarakat, yaitu Sanggar Seni Citra Argawana yang didirikan oleh Jazuri atau yang biasa disapa Bang Jacx. Beliau  telah menekuni bidang kesenian ondel-ondel sejak tahun 1995, selain membuat ondel-ondel berukuran besar, ditangan beliau ondel-ondel dibuat dengan wajah yang lebih ramah, dan dengan kemampuan berkreatifitas ondel-ondel kini dibuat menjadi berbagai bentuk seperti ondel-ondel dari shuttlecocks, miniatur ondel-ondel dari fiber dan masih banyak lagi, baik ondel-ondel dinamis maupun ondel-ondel statis.

Pengrajin ondel-ondel sendiri pun berasal dari pemuda di lingkungan sekitar, bertujuan agar mereka mendapatkan penghasilan tambahan serta membuat mereka lebih akrab dengan budaya mereka sendiri. Salah satunya Ade, yang merupakan salah satu pengrajin ondel-ondel di sanggar Seni Citra Argawana. Ade yang telah 10 tahun menekuni bidang kerajinan ondel-ondel ini terlihat piawai dalam membuat miniatur ondel-ondel berbahan fiber.

“Selain sebagai penanda pria dan wanita, biasanya saat ada acara pernikahan warna pada wajah ondel-ondel ini menjadi sebuah simbol, warna merah pada wajah ondel-ondel pria berarti berani sedangkan warna putih pada wajah ondel-ondel wanita berarti suci,” ujar Ade sembari membuat miniatur ondel-ondel menggunakan bahan fiber.

Seperti yang masyarakat ketahui ondel-ondel merupakan salah satu ikon masyarakat Jakarta khususnya Betawi. Dengan tampilan wajah yang menyeramkan, dahulu ondel-ondel digunakan untuk mengusir roh-roh jahat. Namun kini sesuai dengan perkembangan jaman, ondel-ondel pun ikut berubah baik dari segi bentuk dan fungsi.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x