Mohon tunggu...
Fani Satya Pranowo
Fani Satya Pranowo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Tentor les murid SD, Freelance Penulis Artikel

Hobi : Menulis artikel, menyanyi, Topik Konten Favorit : Game, Kesehatan

Selanjutnya

Tutup

Games Pilihan

Apakah Kalian Masih Suka Memainkan Permainan Lompat Tali Karet?

14 Agustus 2022   19:29 Diperbarui: 14 Agustus 2022   19:47 121 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi Lompat Tali Karet ( Sitecoloring.com/Yeye )

Taukah kamu, anak-anak jaman sekarang terkadang hanya asyik memainkan handphone nya saja. Bahkan, terkadang anak-anak menghabiskan waktunya seharian hanya di depan handphone nya saja. Padahal, memainkan handphone terlalu lama memiliki dampak yang buruk terhadap anak.

Lalu, apa yaa kira-kira yang harus dimainkan anak kita???

Anak kita bisa bermain lompat tali karet sebagai penggantinya dan membutuhkan tempat yang luas untuk memainkannya. Permainan ini mempunyai kelebihan. Yaitu hanya membutuhkan hanya karet gelang sebagai bahan permainannya.  Tetapi, kita harus mempunyai banyak karet gelang yang sangat banyak. Supaya, nantinya tali yang dapat kita bentuk menjadi panjang ( hingga 3-4 meter ) .

Permainan ini, bisa dimainkan  dengan 3 orang atau lebih . Dua orang menjadi pemegang tali. Dan, sisanya menjadi orang melompati talinya. Pertama-tama semua orang hompimpah terlebih dahulu, yang menang hompimpah dapat menentukan peran dari setiap orang.

Setiap orang bila tidak berhasil melewati tahapan permainan akan berganti peran. Ketinggian tali yang dimainkan akan disesuaikan dari berbagai tahapan, yaitu:

  • Tali di setinggi lutut pemegang tali
  • Tali di setinggi pinggang pemegang tali
  • Tali setinggi ketinggian dada pemegang tali
  • Tali setinggi ketinggian telinga pemegang tali
  • Tali ada di kepala pemegang tali
  • Tali, ada di posisi sejangkal tali
  • Tali, ada di ketinggian acungan pemegang tali

Nantinya, talinya juga akan dipengaruhi dengan tinggi dari orang yang melompat

Bermain lompat tali karet ini, juga memiliki berbagai manfaat. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Jika seseorang terbiasa melakukan lompat tali karet. Otot didalam tubuhnya mnejadi lebih kuat dan terlatih. Selain, itu, perpindahan gerak talinya yang cepat bisa meningkatan ketangkasan seseorang. Lompat tali juga bisa membuat seseorang terampil dalam meningkatkan kecerdasan kinetik seseorang. Permainan ini, juga bisa mengurangi lemak yang ada yang nantinya dapat menyebabkan penyakit obesitas.
  • Permainan ini juga bisa meningkatkan keberanian. Karena, permainan lompat tali ini dibutuhkan keberanian untuk melakukannya. Jika, tidak berani mencoba. Orang tersebut tidak akan pernah bermain lompat tali. Maka, permainan ini meningkatkan keberanian untuk mencoba sesuatu yang baru.
  • Untuk bermain lompat tali karet, juga diperlukan ketelitian dan ketepatan. Karena, jika tidak tepat waktu maka kita akan tersangkut tali karetnya. Maka, beberapa anak terkadang mengikuti ritme dari setiap kali tali karetnya diputar supaya tidak terjerat tali tersebut.
  • Bermain lompat tali karet, akan memberikan kesenangan terhadap semua yang bermain. Meskipun, itu tidak berhasil saat melompati tali karetnya. Lompat tali karet juga akan membangun kerja keras, dari mulai saat membuat tali karetnya sampai saat lompat talinya. Nantinya, kemampuan sosialisasi yang ada pada anak pun akan meningkat. Karena, mereka bermain dengan banyak orang.

Jadi, bermain lompat tali karet adalah salah satu permainan sederhana yang bisa dimainkan anak kita mainkan saat dirumah dibandingkan bermain hp.

Mari, lestarikan permainan-permainan tradisional dan aplikasikanlah permainan tersebut dalam kehidupan sehari-sehari. Karena, sebenarnya permainan tersebut memiliki kelebihan dibanding permainan jaman sekarang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Games Selengkapnya
Lihat Games Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan