Mohon tunggu...
Fajar Novriansyah
Fajar Novriansyah Mohon Tunggu... Administrasi - Pekerja biasa

Pekerja Purna Waktu Sebagai Staf Adminitrasi di Perusahaan Operator SPBU Swasta berlogo kerang kuning. Menikmati suka duka bertransportasi umum, Karena disetiap langkah kan ada jalan, dimana perjalanan kan temui banyak cerita. S1 Manajemen Universitas Terbuka 2014

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Santuy, Buka Rekening BCA Sambil "Gogoleran"

5 Oktober 2019   17:21 Diperbarui: 5 Oktober 2019   17:27 100
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sampai saat ini, saya sudah memiliki 2 akun di Bank BCA, satu sebagai akun rekening utama yang saya gunakan sebagai rekening pribadi, terutama untuk menerima pundi pundi rupiah tiap awal bulan, alias Gajian. Nah akun rekening selanjutnya digunakan untuk transaksi keluar masuk uang khusus kerjaan, karena perusahaan saya bergerak di bidang mini market dan makanan jadi, adakalanya beberapa pembelanjaan secara langsung agak sulit jika harus menggunakan akun rekening perusahaan, sehingga akan lebih mudah untuk menggunakan akun rekening pribadi dari Admin.

Untuk pembayaran regular seperti pembayaran suplier sudah pasti menggunakan rekening perusahaan karena jumlahnya agak besar, tetapi untuk pembelanjaan yang kecil yang harus pergi ke toko untuk membeli perlengkapan akun rekening keda saya ini berguna dengan sangat efektif.
Kenapa dibuat akun kedua ini bertujuan agar tidak tercampurnya uang pribadi dengan uang yang memang penggunaanya untuk keperluan usaha kantor. Jadi bentuk tanggung jawab pengelolaan uang ke perusahaan jelas.

Kemarin saya baru membuka rekening yang ke3 yang akan ditujukan untuk kebutuhan keuangan lainnya, jika ditanya mengapa buka banyak rekening lagi? Karena ini untuk usaha sampingan saya, lagi lagi agar memudahkan perhitungan keluar masuk tidak mau ribet, satu untuk satu kegiatan. Sambil bekerja lumayan jika ada penghasilan tambahan kan hehehehe.

Nah jika kamu pandai mengatur keuangan mungkin tidak perlu banyak rekening seperti saya iya kan? Tapi apapun itu saya percaya tiap orang akan memiliki cara untuk mengelola keuangan mereka sendiri. Cara terbaiknya adalah melihat dan mempelajari rekan kita atau pun informasi dari berbagai media mengenai pengelolaan financial secara pribdai atupun lingkup yg lebih besar.

Di dua Akun yang pertama yang saya buka di Bank BCA, dimana saya membuka langsung akun rekening di Bank, saya mesti ke cabang terdekat untuk melakukan registrasi pendaftaran rekening tentu saja setalah ambil antrian dan di panggil no antriannya kita akan bertatap muka dengan Customer Service Officer. Kali ini saya lakukan di rumah hanya berbekal telepon selular dan jaringan internet. Buka tabungan di BCA mobile tidak perlu keluar dari rumah Santuy, bisa sambil rebahan alias gogoleran.

Okay untuk man-teman semua yang perlu dilakukan adalah unduh aplikasinya di Google Playstore untuk anda pengguna Android dan App Store untuk pengguna Apple. Pastikan telepon selular dan nomor telepon yang akan di gunakan belum pernah terinstal aplikasi ini atau sudah berjalan BCA Mobile nya ya. Bisa di lihat di tabel juga ya. Ini setelah di unduh dan instal Pilih lah buka rekening baru Maka anada akan di tampilkan layar seperti ambar pertama dan jangan lupa siapkan e-KTP tanda tangan di kertas (jika bisa hvs ya yang latar belakang warna putih ) dan NPWP.

Dok. pribadi
Dok. pribadi
Klik  Buka Rekening setelah nya akan ada pilihan sudah punya rekening atau belum ? Saya klik ya karena sudah memiliki rekening, kemudaian akan di minta membuat kode akses untuk nanti masuk BCA mobilePastikan kode akses memiliki Huruf dan Angka, Lanjut masukan Rekening BCA saat ini , nah ini saya masukan nomor akun rekening yang paling pertama di buat, jika belum ada tidak akan ada permintaan ini lalu setelahnya anda akan diminta foto secara langsung  e ktp , foto diri tanda tangan dan NPW, bukan di unduh ya tetapi foto langsung dari kamera bawaan telepon selular.

Maka setelah proses nya selesai akan ada pertanyaan pilihan kenapa membuka rekening baru ? Jawab sesuai tujuannya. Kemudian setelah di pilih akan ada 3 pilihan jenis  kartu yang akan anda buat, saya pilih tabungan expresi seperti yang  saya miliki sebagai rekening yang kedua , selain biaya Adminitrasi murah hanya 5000 rupiah tetapi memiliki keunggulan seperti kartu debit tipe silver, walau tidak dapat buku tabungan tetap banyak faedahnya.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Akan ada konfirmasi email, nomor telepon untuk Mobile BCA, serta centang persyaratan dan ketentuan nya, akan ada pilihan untuk tersambung dengan petugas (yang dilayani dari pukul 06:00 sampai 20:00 WIB), Aduh sayangnya ponsel saya ada gangguan sinyal dan mendekati akhir jam pelayanannya sehingga tertunda untuk video call nya

Untung nya saat saya keluar aplikasi data yang saya input tidak terhapus, peer kan kalau mesti unggah dan input kembali? Pagi hari kemudian tidak lama setelah jam 6 lebih lima belas menit saya masuk lagi ke dalam aplikasi, akhirnya tidak lama berselang bertatap langsung dengan mbak Customer Service Officernya. Selama proses tatap muka melalui panggilan video mbaknya akan memberikan pertanyaan dasar seperti ditanya untuk apa rekening ini di buat. Disamakan data inputan dengan data rekening sebelumnya dan menginformasikan beberapa hal berkaitan dengan rekening baru ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun