Mohon tunggu...
Faizal Amin Haderi
Faizal Amin Haderi Mohon Tunggu... A learner Is Always Be Learner

Menurut saya menulis itu adalah bagian dari belajar karena untuk bisa menulis harus membaca, nah dengan membaca akan menambah pengetahuan kita dengan menulis semakin menajamkan pengetahuan tersebut. Mohon tanggapan dan koreksi nya. Bismillah.\r\n\r\nMore about me : https://www.instagram.com/faizalaminhaderi/

Selanjutnya

Tutup

Travel

Kebun Binatang Sarana Mengenalkan Hewan pada Anak

22 Oktober 2012   23:50 Diperbarui: 24 Juni 2015   22:31 413 0 0 Mohon Tunggu...

[caption id="attachment_128" align="aligncenter" width="580" caption="beberapa koleksi binatang di mini zoo hotel nirwana, Lagoi (dok pribadi)"][/caption]

Mengenalkan berbagai jenis binatang kepada anak-anak merupakan hal yang sangat penting, agar anak tidak hanya tahu binatang dari televisi dan gambar saja tapi bisa melihat langsung, menyaksikan sendiri bagaimana bentuknya buaya, burung elang, ular, memberi makan rusa dll. Itu semua menjadi pengalaman yang mengasyikkan bagi anak-anak.

Mini zoo yang terdapat di area hotel nirwana lagoi, adalah satu-satunya kebon binatang yang dapat kami kunjungi di kecamatan Bintan Utara. Fasilitas hotel yang sangat jarang dikunjungi warga karena jauh dari perumahan warga ini didalamnya terdapat beberapa hewan peliharaan, seperti Pelanduk, kelinci, burung elang, ayam kalkun, ular cobra, ular sawah, ikan arwana, buaya, ikan lele jumbo, kura-kura hingga rusa. Tidak terlalu lengkap, tapi paling tidak anak-anak bisa mendefinisikan bentuk buaya dari yang pernah mereka lihat, bahasanya lebih afdhol dengan melihat langsung.

Untuk tarif masuk ke area mini zoo tidak ada, namun di pintu masuk kawasan selain tamu hotel dan pegawai di area lagoi diharuskan membayar karcis masuk sebesar Rp 5000 tapi bukan biaya untuk mengunjungi mini zoo, melainkan sebagai pemasukan pengelola kawasan, karena selain mini zoo, kawasan wisata Lagoi juga terdapat pantai di nirwana garden yang dibebaskan untuk warga sekitar yang ingin menikmati indahnya pantai Lagoi tanpa harus menginap.

Momen yang paling bagus saat akan berkunjung ke kebun binatang adalah, saat jadwal pemberian makan. Karena itu adalah momen menyenangkan saat kebebasan mereka dikekang, masih ada sedikit hiburan diwaktu makan. Untuk itu harus tahu kapan jadwal pemberian makan tiap binatang.

Hari minggu yang lalu anak-anak saya ajak untuk melihat kebon binatang. Berangkat dari rumah pukul 14:00 agar pas jam 15:00 tiba di mini zoo nirwana, lagoi, itu adalah waktunya memberi makan buaya. Sedangkan burung pukul 08:00, Rusa setiap saat karena pengurus hewan sudah menyiapkan satu kotak rumput yang bisa kita berikan kapan saja.

[caption id="attachment_205454" align="aligncenter" width="640" caption="Lahap menyantap makan siang (dok.pribadi)"]

1350949537351443902
1350949537351443902
[/caption]

Sepulang dari sana, anak-anak kembali bertengkar, nangis rebutan mainan, nangis rebutan makanan. Langsung saya bilang begini "buaya aja makan gak rebutan, masak kalah sama buaya". Lumayan, mereka langsung diam untuk beberapa jam kedepan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x