Mohon tunggu...
Faiza Naufalia Azzahra
Faiza Naufalia Azzahra Mohon Tunggu... Lainnya - sejatinya kita hidup tidak untuk menyenangkan orang lain

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga (21107030055)

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Wisata Alam Unik di Pesisir Pantai Parangtritis

3 April 2022   18:57 Diperbarui: 3 April 2022   19:14 291 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa wisatawan milenial cenderung mempunyai karakter yang gemar dalam mencari pengalaman yang baru seperti wisata petualang, eksplorasi dan road trips. 

Mereka tidak memperlukan banyak waktu untuk berbagai perencanaan, berbekal ulasan dari internet terutama pada sosial media membuat mereka tidak perlu berpikir panjang untuk memilih dalam hal wisata. 

Para kaum Milenial juga merupakan konsumen wisata yang sangat potensial keberadaannya sehingga membuat pertumbuhan yang sangat maju dalam dunia pariwisata yang ada di Indonesia. 

Maka dari itu tempat wisata harus bisa menyesuaikan dengan selera kaum milenial zaman sekarang yang suka mencari pengalaman wisata yang unik, baru, dan autentik. Salah satu tempat yang sangat cocok bagi kaum wisatawan milenial adalah sand dune atau yang biasa disebut gumuk pasir.

Gumuk pasir atau sand dune ini terletak di pesisir pantai parangtritis, Bantul, Yogyakarta. Pada umumnya gumuk pasir terbentuk di daerah gurun, namun uniknya Gumuk pasir yang satu ini terbentuk di negara Indonesia  yang memiliki iklim tropis dengan curah hujan yang cukup tinggi. 

Gumuk pasir yang terletak di parangtritis ini merupakan fenomena alam satu -- satunya yang terdapat di kawasan asia dan kini menjadi wisata alam yang sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang sedang berlibur.

Gumuk pasir ini berasal dari material gunung merapi yang meletus pada saat itu. material dari gunung merapi tersebut terbawa melalui sungai opak, lalu melewati sungai oyo, yang kemudian akhirnya bermuara di pesisir pantai yogyakarta. Lalu terjadilah proses erosi angin yang membawa material material tersebut sehingga mengakibatkan terbentuknya gumuk pasir.

Angin yang membawa pasir dan kemudian mengendapkannya akan membentuk berbagai macam tipe bentuk gumuk pasir. Terdapat gumuk pasir yang tebalnya 1-10 m yang berasal dari sedimentasi debu-debu halus. 

Terjadinya gumuk pasir dikarenakan tersedianya material pasir halus dalam jumlah yang banyak, pada periode yang panjang yang disertai angin yang mampu memindahkan dan mengendapkan bahan-bahan tersebut, dan karena gerakan angin tidak banyak terhalang oleh vegetasi pantai maka terbentuklah gumuk pasir.

Gumuk pasir tersebut pun akhirnya dijadikan sebagai tempat wisata. Tempat wisata sand dune banyak didatangi wisatawan dari dalam negeri maupun luar negeri. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan