Mohon tunggu...
Faiz AhmadIftikhar
Faiz AhmadIftikhar Mohon Tunggu... Mahasiswa - seorang dapat merubah dunia hanya dengan pena dan lembar kertas

Mahasiswa Uin Sunan Kalijaga- 21107030008

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Gagal Melaju Ke Final, Garuda Muda Harus Tetap Fokus Hadapi Malaysia untuk Tetap Bawa Pulang Medali

20 Mei 2022   20:07 Diperbarui: 20 Mei 2022   20:37 4050 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
sumber : tribun news.com

Lanjutan sea games ke 31 cabang olahraga sepak bola pria sudah mencapai semifinal kemarin Kamis (19/05/2022), empat tim yang berhasil lolos di fase ini adalah Indonesia, Vietnam, Malaysia, serta tuan rumah sekaligus juara bertahan cabang olahraga sepakbola edisi ke 30 yakni Vietnam.

Indonesia sendiri kemarin juga sudah melakoni laga semifinal nya kontra Thailand pada Kamis (19/05/2022) pukul 16.00 WIB di stadion Trien Thuong, Vietnam. Pada laga kali ini lagi lagi Indonesia harus mengakui keperkasaan Negeri Gajah Putih dengan skor tipis 1-0. Di waktu normal 90 menit sebenarnya Indonesia mampu menahan Thailand bahkan di babak pertama Indonesia terlihat mendominasi laga, namun di perpanjangan waktu 2x15 menit Indonesia harus takluk dari gol Pomphan di menit 95. Hasil itu membuat skuad garuda harus kembali puasa gelar di ajang ini  31 tahun lamanya, terakhir mereka menyabet emas adalah ketika sea games 1991 saat berlangsung di Manilla, Filipina.

Yang perlu menjadi catatan disini adalah jika garuda muda ingin kembali ke tanah air dengan oleh oleh medali mereka juga harus fokus menghadapi laga perebutan medali perunggu melawan rival serumpun yakni Malaysia pada Minggu (22/05/2022) pukul 16.00 WIB. Malaysia di laga semifinal juga harus mengakui kehebatan tuan rumah yakni Vietnam, nasib tragis Malaysia juga mirip seperti Indonesia yakni kalah tipis 1-0 melalui tambahan waktu 2x15 menit.

Laga melawan malaysia sendiri juga merupakan laga yang paling ditunggu oleh masyarakat pecinta sepakbola di tanah air, meskipun pada laga kali ini tentu intensitas sedikit menurun karena kekecawaan yang hanya laga perebutan di tempat ke 3.

Garuda muda asuhan Shin Tae Yong sendiri harus revans terhadap kekalahan kemarin jika tidak ingin pulang dengan tangan hampa, meskipun target dari federasi adalah emas pada turnamen kali ini, namun apa boleh dibuat, nasi sudah menjadi bubur dan Indonesia tetap harus berjuang mati matian untuk mengahdapi Malaysia di perebutan ketiga, apalagi yang dihadapi adalah rival serumpun yakni Malaysia.

Namun ujian bagi anak asuh Shin Tae Yong adalah mereka pada laga esok tidak bisa tampil dengan kekuatan penuh, setelah 3 pemain dari garuda muda terganjar 3 kartu merah di akhir laga melawan Thailand kemarin, tiga pemain yang diganjar kartu merah adalah Ricky Kambuaya, Rahmat Irianto, dan Firza Andika, ini juga perlu menjadi pekerjaan rumah tambahan bagi staff kepelatihan Shin Tae Yong, selain harus membenahi fisik dan teknik pemain, ia harus juga pintar mewanti wanti pemain nya untuk tetap bisa tampil kepala dingin saat kondisi tertinggal dan genting, selain tiga pemain yang absen tersebut, Egy Maulana Vikri juga diragukan tampil menghadapi Malaysia esok, Egy terlihat ditarik keluar kala menghadapi Thailand dan tidak bisa melanjutkan pertandingan di babak extra time.

Tentu Shin Tae Yong harus memutar otak terkait kondisi genting seperti ini, apalagi Egy Maulana Vikri dan Rikcy Kambuaya merupakan dua pemain yang tidak pernah tergantikan di starting line up garuda muda baik di fase grup maupun semifinal di gelaran Sea Games kali ini.

Jika menilik kekuatan dari tim lawan, Malaysia juga tampil baik di fase grup, tercatat skuad dari Brad Moley tersebut tidak pernah menelan kekalahan di empat laga kala di Fase Grup, malahan Malaysia juga berhasil mengalahkan Thailand di fase grup dengan skor tipis 2-1, meskipun saat itu satu pemain bertahan dari Thailand di ganjar kartu merah di akhir babak pertama. Terlebih juga bisa menahan Vietnam hingga waktu normal yang tampil dihadapan pendukungnya sendiri, karena pada di fase grup garuda muda juga sempat bertemu Vietnam di laga perdana nya, namun garuda muda harus rela dilibas habis 3-0 pada pertemuan kala itu.

Beban berat juga dipikul oleh Shin Tae Yong, karena di dua edisi terakhir sea game yakni 2017 dan 2019 dibawah asuhan Luis Milla dan Indra Sjafri Indonesia sukses membawa pulang medali perunggu dan perak, meskipun ketua Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) yakni Mohammad Iriawan juga sudah mengatakan bahwa nasib Shin Tae Yong bakal aman apapaun hasilnya setelah gelaran sea games kali ini karena masih terikat kontrak dengan Indonesia hinga 31 Desember 2023, namun yang tidak membuat aman adalah seperti yang kita ketahui netizen Indonesia sendiri sangatlah bar bar, terlihat ketika hasil kekalahan kemarin beredar di media sosial tagar #styout, dan juga media sosial instagram salah satu pemain Thailand tampak hilang seusai laga kemarin karena terlihat mengulur ngulur waktu.

Menarik untuk ditunggu pertemuan Garuda muda melawan Malaysia di babak perebutan juara ke tiga besok Minggu, apakah dengan skuad compang camping yang dimiliki Shin Tae Yong saat ini bisa mengatasi perlawan dari harimau malaya dan membawa pulang medali perunggu, karena jika kita menarik mundur ketika kita bersua dengan Malaysia juga skuad asuhan Shin ini berhasil menang di ajang AFF edisi terakhir dengan skor meyakinkan 4-1, meski sekarang di ajang yang berbeda skuad garuda muda untuk sekarang ini juga mayoritas masih diisi mantan runner up pada gelaran AFF Cup 2020 silam, harapan pecinta sepakbola tanah air tentu tetap berharap Indonesia dapat membawa pulang medali meski tidak memenuhi target untuk mengobati luka pasca kalah menghadapi Thailand di semifinal sea games kemarin.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan