Mohon tunggu...
Muhammad Faisal Wardana
Muhammad Faisal Wardana Mohon Tunggu... Mahasiswa - 2110414310045

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Fungsi dan Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indoensia

24 Oktober 2021   23:13 Diperbarui: 24 Oktober 2021   23:51 61 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan negara yang dikenal sebagai Nusantara,yang artinya negara kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau yang terbentang dari Sabang sampai Merauke, dan didiami oleh ratusan juta penduduk. NKRI dikenal juga sebagai negara yang memiliki keragaman budaya, ras, suku, dan agama yang berbeda-beda sehingga tercermin dalam satu ikatan "Bhineka Tunggal Ika" yang artinya "berbeda-beda tetapi tetap satu juga".

NKRI pada dasarnya juga mempunyai tujuan nasional seperti yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 pada alinea keempat yang berbunyi "Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum.

Mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, erdamaian abadi dan keadilan sosial maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonessia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada Ketuhanan yang Maha Esa Kemanusiaan yang adil dan beradab persatuan Indonesia dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebibaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia."

Sebagaimana yang tertuang dalam UUD 1945 alenia ke-empat tersebut dapat diketahui bahwa, tujuan NKRI ialah:

            1. Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia,

            2. Memajukan kesejahteraan umum,

            3. Mencerdaskan kehidupan bangsa,

            4. Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terdiri dari ras, budaya dan keagamaan yang heterogen. Tidak menutup kemungkinan bahwa terjadinya perpecahan dan perbedaan pendapat atau pandangan yang dapat menyebabkan goyangnya keutuhan NKRI ini. Adapun cara yang dapat dilakukan untuk mempertahankan keutuhan NKRI adalah sebagai berikut:

  • Dengan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam butir-butir pancasila dan menerapkannya dalam kehidaupan sehari-hari.
  • Mengobarkan semangat Bhineka Tunggal Ika sebagai landasan persatuan bangsa.
  • Menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara sesuai dengan landasan kontitusional UUD 1945.
  • Melaksanakan usaha pertahanan negara.
  • Menghormati satu sama lain, yakni dalam suatu negara kita harus saling menjaga dalam bentuk hal apapun, menaati segala aturan yang telah di tetapkan dan saling menghargai baik dalam beda usia, suku, ras dan budaya ataupun agama yang dianut.Kita sebagai bangsa yang bijak harus dapat menjaga dan membentuk kedaulatan suatu negara agar selalu tetap makmur dan berwibawa walaupun adanya perbedaan antar pandangan namun akan tetap terjaga apabila saling menghargai dan menerima pendapat lain.
  • Menerapakan keadilan dalam suatu negara, dengan terciptanya bangsa yang adil akan menjadikan suatu bangsa yang cerdas, kreatif dan terpandang dalam bidang apapun. Dalam negara sangat dibutuhkan tegaknya keadilan bebangsa dan bernegara. Kerena dengan adanya keadilan akan mewujudkan keutuhan NKRI.
  • Menumbukan rasa cinta pada tanah air yaitu kita sebagai negara harus membuktikan untuk mempertahankan supaya negara kita dapat selalu utuh dan terjaga dapat mewujudkan persatuan dan kesatuan di segenap aspek kehidupan sosial, baik alamiah maupun aspek sosial yang menyangkut kehidupan bermasyarakat. Maka dengan tunmbuhnya rasa cinta pada tanah air akan menjadikan negara berdaulat, keutuhan negara dan mempererat persatuan bangsa.

            Dengan majunya negara akan membantu generasi bangsa dalam suatu keinginan yang ingin dicapai untuk masa depan. Jadi yang terpenting bagi generasi muda ialah adanya partipasi dan kekompakan untuk mewujudkan prestasi besar untuk bangsa ini. Adanya penerus bangsa akan menjadikan pemimpin yang visioner, cakap, dan kuat untuk memnpermudahkan Indonesia semakin maju dan sejahtera dan berkeadilan. Dan calon pemimpin yang teguh akan menjaga persatuan dan keutuhan NKRI.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan