Mohon tunggu...
Faisal Fadhurahman
Faisal Fadhurahman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa - Jurnalistik - Universitas Muhammadiyah Cirebon

Seseorang yang suka Membaca, Melukis dan Bermain Musik

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya

Mengenal apa itu Strict Parrent, Ciri-ciri, Dampaknya terhadap anak dan beberapa cara mengatasinya

17 Mei 2022   05:10 Diperbarui: 17 Mei 2022   05:55 804 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Strick Parrenting (sumber foto : www.istock.com)

Keluarga merupakan sebuah ikatan batin yang kuat, bukan hanya sekadar status sejak lahir. Bukan juga cuma tempat berpulang atau persoalan siapa dari mereka yang lebih dekat denganmu. Namun, kehadiran keluarga di tengah kehidupan merupakan sesuatu yang lebih besar dan berharga. Hubungan antar keluarga terbentuk dari ikatan emosional antar individu para anggotanya. Semakin kamu menghargai kehadiran mereka, maka akan semakin dalam pula makna keluarga yang dirasakan. 

Tanggal 15 Mei kemarin sering diperingati menjadi Hari Keluarga Internasional atau International Day of Families di setiap tahunnya. Peringatan ini pertama kali diperkenalkan oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) dan menjadi peringatan tahunan yang dirayakan di seluruh dunia.

Peringatan Hari Keluarga Internasional dilakukan untuk menyoroti pentingnya hubungan dengan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan dalam keluarga, baik dari sisi kesehatan, pendidikan, kesetaraan gender, hak anak, dan inklusi sosial.

Menjadi orang tua juga berarti belajar banyak hal. Beberapa bulan terakhir pembaca disuguhkan tentang toxic parents dan dampaknya bagi anak. kali ini mari kita mengenal istilah yang sedang cukup populer di beberapa pecan terakhir ini, yakni ‘strict parents’.

Apa itu strict parents? Sekilas mungkin kamu akan menangkap makna bahwa toxic parents dan strict parents merupakan dua istilah yang hampir mirip, tapi apakah kedua hal itu berarti sama? Mari kita mengenal apa itu strict parrent

Pengertian Strict Parents 

Istilah strict parents merupakan istilah bahasa Inggris. Kata strict memiliki arti ketat atau keras, sedangkan parents berarti orang tua. Jika kedua kata tersebut digabungkan, maka arti strict parents adalah orang tua yang ketat atau keras. Namun, pandangan dan arti dari istilah strict parents tidaklah sesederhana itu. Ada arti yang lebih luas mengenai strict parents.

Strict parents adalah mereka (para orang tua) yang memiliki banyak tuntutan terhadap anak. Lebih dari itu, strict parents juga selalu menempatkan standar tinggi pada anak-anaknya. Para orang tua yang bersifat otoriter atau sewenang-wenang, juga termasuk ke dalam kategori yang dapat dikatakan strict parents.

Ciri-Ciri Strict Parents

Setelah memahami apa itu strict parents, mari bahas mengenai strict parents secara lebih dalam lagi. Terdapat empat ciri strict parents yang harus dihindari dalam mendidik anak. Mengenali ciri strict parents lebih dini, akan membantu Kita sebagai orang tua dan calon orang tua untuk menyadari apabila ada perilaku parenting kalian yang mengarah pada strict parents.

  • Selalu Menuntut

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sehat dan Gaya Selengkapnya
Lihat Sehat dan Gaya Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan