Mohon tunggu...
fahry noer salam
fahry noer salam Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA

UNIVERSITAS PAMULANG

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Peranan Teknologi Kecerdasan Buatan Pada Bidang Kesehatan Keselamatan Kerja

21 September 2022   08:55 Diperbarui: 21 September 2022   08:56 121 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Dalam teknologi kesehatan modern sesungguhnya AI bukanlah hal yang baru. Dalam beberapa tahun terakhir , AI dibidag kesehataan dipercaya dapat membantu membuka informasi yang relevan secara klinis bedasarkan diagnose yang terstruktur dan membantu petugas medis dalam membuat keputusan yang lebih akurat.

Kecerdasan Buatan adalah suatu sistem computer yang terbentuk untuk mengetauhi dan memodelkan proses-proses berpikir manusia dan mendesain mesin agar dapat menirukan perilaku manusia( John McCarthy,1956 ).

Teknologi Artificial Intelligence bisa menjadi sebuah solusi dalam menangani masalah penguatan kesehatan dan keselamatan kerja. sebagai contoh penggunaan tenaga listrik dari tahun ke tahunmemiliki kenaikan seiring dengan adanya globalisasi dan urbanisasi. sehingga , kecelakaan kerja di bidang kelistrikan semakin marak terjadi. Penyebab utama dari hal ini umumnya ialah kurangya kesadaran tenaga kerja maupun pemberi kerja dalam mencegah kecelakaan-kecelakaan tersebut. oleh karnaitu, dibutuhkan sarana-sarana pencegahan yang efektif dan efisien.

salah satu permasalahan yang menjadi penyebab kecelakaan kerja ialah kurangnya kesadaran untuk memakai alat perlindung seperti0 PPE dalam lingkungan kerja. hal ini dapat diatasi dengan menginplentasikan computer vision.

computer vision adalah salah satu cabang kerdasaan buatan yang memfasilitasi penggunaan teknik imaging untuk kebutuhan manusia seperti pemantauan, prediksi peristiwa, dan keamanan. computer vision dalam diimplementasikan untuk kepentingan di area seperti pengenanan karakter optic (Optical Character Recognition), Pengenalan wajar (Facial Recognition), pengenalan objek(Objeck Recognition), dan penangkap penggerakan manusia(Human Motion Capture).

Tujuan dari computer vision adalah untuk memahami isi gambar digital. Biasanya, ini melibatkan metode pengembangan yang mencoba memproduksi kemampuan penglihatan manusia dengan terlebih dahulu memberikan data training yang tepat. memahami konten gambar digital bisa dengan melibatkan eksplorasi infomasi dari deskripsi gambar yang mungkin berupa objek, deskripsi teks, model tiga dimensi, dan sebagainya.

Sumber gambar :

https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2Fwww.freepik.com%2Fpremium-photo%2F3d-rendering-cute-articifial-intelligence-robot-with-digital-tablet_18180774.html&psig=AOvVaw3SDa62UqZ6GN_n9C2Gyr-J&ust=1648216141731000&source=images&cd=vfe&ved=0CAsQjRxqFwoTCPCmx-Hx3vYCFQAAAAAdAAAAABAD

Referensi penulisan :

Astuti, F.A. (2021). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intellegence untuk Penguatan Kesehatan Dan pemulihan Ekonomi Nasional. Jurnal Sistem Cerdas, 25-34.

Paramita, S. (2020). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan Dalam Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Dibdang Kelistrikan. Jurnal Sains Terapan dan Teknologi, 29-37.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan