Mohon tunggu...
fadly umadji
fadly umadji Mohon Tunggu... Tutor PKBM Nurain dan Guru SMA

I love writing and travelling to find new something arround me

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kikingo sebagai Penunjang Pembelajaran Berdiferensiasi di SMAN 11 Gorontalo Utara

9 Oktober 2024   06:59 Diperbarui: 9 Oktober 2024   10:00 191
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media Pembelajaran Kikingo

A. Situasi

Hadirnya pembelajaran Kurikulum merdeka di Indonesia memberikan kesempatan besar untuk menciptakan pembelajaran yang berpihak pada murid sehingga mampu mengakomodir karakteristik peserta didik mulai dari minat/potensi, kemampuan, hingga profil peserta didik. Hal ini memudahkan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di sekolah khususnya pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Pembelajaran berdiferensiasi dilakukan dalam upaya pemenuhan kebutuhan peserta didik yang disesuaikan dengan karakteristik didik. Hal ini sejalan dengan pemikiran Kihajar Dewantara agar pengajaran disesuaikan dengan kodrat alam dan kodrat zaman agar tercapai keselamtan dan kebahagiaan yang setinggi-tinginya.

Namun Kenyataannya, pembelajaran berdiferensiasi pada mapel Bahasa Inggris belum efektif dijalankan di SMA Negeri 11 Gorontalo Utara. Guru lebih memilih untuk penerapan dengan metode yang  konvensional. Akibatnya; kebutuhan belajar murid tidak terkamodir dengan baik, minat dan antusias belajar yang kurang, dan hasil belajar Bahasa Inggris masih di bawah rata-rata.

Dari hasil pengolahan assessment kognitif pada 22 peserta didik. diperoleh nilai rata-rata 40. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan awal peserta didik masih di bawah rata-rata ketuntasan 70. Sementara assessment non kognitif menunjukan kebutuhan pembelajaran berbeda-beda. Ada peserta didik yang lebih memilih teks deskriptif musik, ada yang menyukai wisata, dan ada pula yang lebih memilih deskrispi orang. Data tersebut membuktikan bahwa pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan kebutuhan peserta didik dibutuhkan agar terpenuhi kebutuhan belajar peserta didik.

Pembuatan Kikingo diharapkan mampu menjadi solusi alternatif dalam penunjang pembelajaran berdiferensiasi.  Kikingo memiliki akronim dari Kartu Inovatif, Kwartet Kreatif, Pembelajaran Bahasa Inggris yang bernilai kearifan lokal Gorontalo. Kikingo bermakna kecil dibuat dari sebuah kertas bermotif karawo dan memiliki kata-kata Bahasa Inggris dan Bahasa Gorontalo. Kartu yang dapat digunakan dalam mengakses pembelajaran Bahasa Inggris ini menggunakan scan barcode, dan terintegrasi dengan google sites berisi PPT interaktif, Modul ajar dan LKPD yang felxibel dapat digunakan peserta didik melalui android. Sehingga media Kikingo memberikan banyak manfaat dalam diferensiasi pembelajaran Bahasa Inggris.

B. Tantangan

Adapun yang menjadi tantangan yang dihadapi dalam penerapan Kikingo ini berupa; masih ada guru yang beranggapan bahwa kurikulum merdeka dan pembelajaran berdiferensiasi itu bersifat kompleks dan sulit dijalani. Namun, upaya yang dilakukan dengan menghadirkan kegiatan berbagi praktik kepada guru lain. Kebutuhan belajar yang berbeda-beda. Sehingga hal ini membuat penulis lebih proaktif lagi untuk mencari  referensi baru lainnya.

C. AKSI

Pada tahap AKSI, penulis melakukan pendekatan dengan tahap; Persiapan --Assessment -- Pembelajaran- Evaluasi -- refleksi. Pada penulis  menyiapkan perangkat ajar seperti modul, RPP, Bahan Ajar, LKPD, dan media pembelajaran Kikingo. Sedangkan pada tahap assessment penulis melakukan assessment diagnostic dan non diagnostic melalui google form sebelum pembelajaran dimulai. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun