Mohon tunggu...
Fadjar Setyanto
Fadjar Setyanto Mohon Tunggu... Freelancer - Seorang pengajar bahasa Inggris yang suka berkebun.

Al Ghazali : kalau kamu bukan anak raja atau bukan anak ulama besar, maka menulislah.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Pentingnya Cek Gula Darah (Rutin)

21 Agustus 2022   14:45 Diperbarui: 21 Agustus 2022   14:53 78 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saat tubuh terasa tidak tidak enak. Badan lemas dan tidak nyaman ada baiknya anda mencurigai gula sebagai sebabnya. Gula berlebihan dalam tubuh adalah sumber segala macam penyakit. 

Sifat gula yang berbahaya ialah bisa berubah bentuk seperti karamel. Sifat karamel keras dan kaku. Saat gula berubah menjadi karamel di dalam pembuluh darah dia bisa menghambat kecepatan aliran darah atau bahkan menutupnya sama sekali.

Anda bisa bayangkan bila karamel ada di pembuluh darah ke otak, maka ia  mengganggu saluran darah ke otak. Saat karamel di aliran jantung atau pembuluh darah jantung maka bisa mengakibatkan gagal jantung. Artinya gula berlebih sangat berpotensi merusak kesehatan.

Salah satu penyebab gula berlebih di dalam tubuh ialah pola konsumsi. Pada saat makan-makanan kaya gula bisa jadi kadar gula tubuh anda akan naik. Misal habis makan 2 buah pisang, bisa jadi gula darah anda mencapai 300 lebih tapi beberapa jam kemudian menjadi 199 saja. 

Kadar gula darah sangat dinamis, bagi yang sehat, namun bagi yang bermasalah dengan gula darah, baik anda puasa atau tidak puasa maka gula darah akan tetap tinggi dan ini sudah lampu kuning buat anda. Waspadalah.

Perlu diingat, hampir semua makanan yang kita makan mengandung gula. Nasi, kuah sayur, atau gorengan saat sarapan. Kopi atau teh manis saat ngemil. Snack buat camilan. Terulang lagi di makan siang dan makan malam. Bila diperhatikan benar berapa gram gula sudah masuk dalam tubuh kita. Patut diduga lebih dari 100 gram. Kalau seminggu? Sebulan? Setahun? Wow pasti banyak.

Mengingat kadar gula darah sangat perlu dipantau ada baiknya anda  cek secara rutin atau punya alat ukur sendiri di rumah sehingga bisa memantau kadar gula diri setiap saat.

Salam sehat.

Fadjar Setyanto

Ikatlah ilmu dengan menulis.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan