Mohon tunggu...
Fadila DyahAyu
Fadila DyahAyu Mohon Tunggu... Mahasiswa - Seorang Mahasiswa

Mahasiswa yang tertarik dengan ilmu ergonomi dan suka dengan musik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN Undip Sosialisasikan Strategi Pemasaran untuk Optimalkan Pemasaran Produk UMKM di Tengah Pendemi

2 Agustus 2021   11:04 Diperbarui: 2 Agustus 2021   11:23 59 0 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Mahasiswa KKN UNDIP Sosialisasikan Strategi Pemasaran untuk Optimalkan Pemasaran Produk UMKM di Tengah Pandemi COVID-19

Sragen (26/07/21) – Universitas Diponegoro (Undip) kembali melaksanakan KKN Pulang Kampung dimana mahasiswa melakukan KKN di daerah asal mahasiswa masing-masing. Salah satu tema yang diusung adalah berkaitan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) di tengah pandemi COVID-19.

Pada masa pandemi COVID-19 sektor ekonomi menjadi salah satu sektor yang terdampak, terutama bagi pelaku UMKM. Selama masa pandemi terutama saat dilakukan program PPKM yaitu Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat beberapa UMKM mengalami penurunan omzet penjualan dan pendapatan yang tidak pasti karena keadaan pasar. Begitupun dengan UMKM yang berada di Wonosari RT 04, Kelurahan Sambirembe, Sragen. Untuk menghadapi tantangan tersebut, Fadila, salah satu mahasiswa KKN Undip memberikan sosialisasi pemasaran STP, marketing mix 4P dan pemasaran di masa pandemi COVID-19 kepada masyarakat pelaku UMKM di Wonosari RT 04 serta memberikan modul pembelajaran untuk membatu mempermudah masyarakat dalam penyampaian materi. Sosialisasi dilakukan melalui media WhatsApp Groub serta door to door karena adanya pembatasan kegiatan masyarakat

dokpri
dokpri

Analisis STP (Segmenting, Targeting, Positioning) digunakan untuk memposisikan suatu produk atau merek ke dalam konsumen sehingga produk atau merek tersebut mempunyai keunggulan kompetitif yang penting dan terlihat unik oleh para konsumen. Sementara bauran dari pemasaran sendiri terdiri dari strategi produk (product), harga (price), promosi (promotion) serta tempat (place). Bauran pemasaran yang tepat dengan segmentasi dan target yang jelas dalam memasarkan produk dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini diharapkan masyarakat pelaku UMKM di Wonosari RT 04 dapat mengevaluasi segmen pasar dan produk mereka serta dapat mengoptimalkan pemasaran produk -produk UMKM sehingga didapatkan keuntungan yang maksimal walaupun dalam kondisi pandemi.

Penulis : Fadila Dyah Ayu (Teknik Industri 2018)

Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan