Mohon tunggu...
Fadia Aini Ardi
Fadia Aini Ardi Mohon Tunggu... Mahasiswa - merilis berita

merilis reportase KKN

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Ide Bisnis Saat Pandemi, Mahasiswa Undip Kenalkan Minuman Sehat Smoothie

4 Agustus 2021   16:05 Diperbarui: 4 Agustus 2021   17:21 44 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ide Bisnis Saat Pandemi, Mahasiswa Undip Kenalkan Minuman Sehat Smoothie
Salah satu warga RT 03 RW 10 Kelurahan Tlogomulyo yang mendapatkan sosisalisasi mengenai smoothie minuman sehat sebagai ide bisnis disaat pandemi (dokpri)

Semarang, Kelurahan Tlogomulyo (20/07/2021) -- Pandemi Covid -19 yang tak kunjung reda menyebabkan terbentuknya peraturan -- peraturan baru yang sangat berdampak terhadap kegiatan masayarakat. Dimana masyarakat diharuskan untuk mengurangi kegiatan atau aktivitas diluar rumah dan dianjurkan untuk berada dirumah saja agar dapat memutus penyebaran virus. Hal ini menyebabkan para pedagang -- pedagang di luar rumah ikut terdampak terhadap penjualan mereka, dimana pendapatan menurun dan menyebabkan perekonomiannya menurun khususnya para pedagang makanan. 

Kondisi pandemi seperti ini menyebabkan masyarakat lebih konsen dan menjaga pola hidup mereka yang sehat agar terhindar dari virus corona sehingga para pedagang kebingungan untuk menjual barang dagangannya karena kesulitan untuk mendapatkan pembeli di masa pandemi dan menyebabkan pendapatan mereka turun drastis. 

Disamping itu, ekonomi merupakan salah satu faktor penting dalam kehidupan, dimana seseorang akan selalu bersinggungan secara langsung dengan kebutuhan ekonomi dalam menjalankan kehidupan. Oleh karena itu, para pedagang harus terus berinovasi dalam berbisnis dimasa pandemi salah satunya yaitu membuka bisnis makanan atau minuman sehat yang dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Kelurahan Tlogomulyo terletak di Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang merupakan salah satu kelurahan dengan UMKM yang cukup banyak. Selama pandemi banyak UMKM yang mengalami kemunduran akibat penjualannya menurun, sehingga cocok untuk dijadikan potensi dalam melakukan pemberdayaan ekonomi kreatif. 

Salah satunya yaitu dengan melakukan kegiatan sosialisasi tentang pengenalan minuman sehat smoothie oleh salah satu mahasiswa Universitas Diponegor, Fadia Aini Ardi (20) dibawah bimbingan Bapak Ari Wibawa Budi Santosa, S.T., M.T. sebagai program kegiatan KKN yang berjudul "Pemberdayaan Ekonomi Kreatif di Tengah Pandemi Covid Bagi Masyarakat Melalui Pembuatan dan Pengenalan Minuman Sehat Smoothie". Adapun tujuan dari mahasiswa melakukan program kegiatan ini yaitu untuk mengenalkan, memberi pengetahuan mengenai minuman sehat smoothie sehingga dapat di manfaatkan oleh masyarakat menjadi peluang usaha selama pandemic Covid-19.

Berdasarkan hal tersebut maka mahasiswa KKN TIM II UNDIP yaitu Fadia Aini Ardi, seorang mahasiswa  S-1 Teknologi Pangan Universitas Diponegoro melakukan  kegiatan sosialisasi dan pembagian produk Smoothie kepada masyarakat RT 03 RW 10 Kelurahan Tlogomulyo, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang mengenai minuman sehat Smoothie. Mahasiswi UNDIP ini memberikan sosialisasi mengenai manfaat smoothie, proses pembuatannya hingga dapat dijadikan sebagai peluang usaha disaat pandemi. Selain itu, mahasiswa semester 7 ini membagikan produk smoothie secara gratis kepada warga sekitar sebagai tester.

Pembagian smoothie kepada warga (dokpri)
Pembagian smoothie kepada warga (dokpri)

Dalam kegiatan pencegahan bertambahnya warga positif Covid -- 19, seorang mahasiswi Universitas Diponegoro memberikan informasi mengenai Smoothie sebagai minuman sehat,  alternatif olahan buah atau sayuran yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Smoothie merupakan minuman dari campuran buah atau sayuran yang ditambahkan dengan susu, yogurt atau madu dengan cara diblender. 

Smoothie memiliki rasa yang lezat, kaya akan manfaat bagi kesehatan, namun proses pembuatannya sangat mudah dan praktis sehingga cocok dijadikan sebagai ide usaha skala rumah tangga disaat pandemi seperti ini. Proses pembuatan yang sangat praktis ini membuat warga RT 03 RW 10 semakin tertarik dengan smoothie.

Smoothie yang dibuat oleh Fadia merupakan smoothie yang terbuat dari campuran buah naga, buah nenas dan yogurt, sehingga smoothie ini kaya manfaat. Adapun beberapa kandungan smoothie yaitu kaya akan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, mencegah terkena penyakit jantung, diabetes, kanker dan artritis,  mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga kaya akan serat, zat besi serta mengandung prebiotik. Selain itu, Mahasiswi UNDIP ini juga memberikan informasi kepada warga mengenai waktu terbaik untuk mengonsumsi smoothie yaitu saat perut masing kosong, setengah jam sebelum sarapan dan menyarankan smoothie untuk segera dikonsumsi setelah dibuat.

Dokpri 
Dokpri 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN