Mohon tunggu...
fadhila Meilani
fadhila Meilani Mohon Tunggu... Penulis

Write ur opinion!

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Wisata Alam di Cidahu Jadi Incaran Para Pecinta Alam

16 Mei 2019   01:52 Diperbarui: 16 Mei 2019   02:14 0 0 0 Mohon Tunggu...

Sukabumi - Wisata alam adalah tempat yang ramai dikunjungi banyak wisatawan, baik dalam maupun luar negeri. Explorisasi keindahan alam memang selalu mengindahkan apalagi jika dikelola dengan baik sekaligus bisa menarik minat wisatawan. Salah satu tempat yang perlu anda eksplore adalah TNGHS di Cidahu Sukabumi Jawa Barat.

TNGHS atau taman nasional gunung halimun salak terletak dikaki gunung salak, tepatnya sebelah selatan gunung salak. Untuk dapat memasuki kawasan tersebut, anda cukup membayar sebesar Rp12.500,- per orang dan untuk kendaraan bermotor dikenakan tarif tambahan sebesar Rp7.500,- per motor, dengan harga segitu, anda dapat menikmati keindahan alam yang sangat indah.

Terdapat curug dikawasan TNGHS, curug itu bernama Curug Cangkuang. Jarak curug cangkuang sekitar saru kilometer dari pintu utama. Meskipun jarak cukup jauh, namun anda akan dibayar dengan keindahan alam sekitar, ditambah dengan sejuknya curug yang memiliki ketinggian 15-20 meter dan kedalaman setinggi dada orang dewasa.

Selain curug, terdapat Hutan Pinus Area Camp bagi anda yang ingin bermalam disini. Anda cukup membayar Rp35.000,- per orang. Bagi anda yang tidak membawa tenda, jangan khawatir. Anda dapat menyewa tenda dengan harga Rp150.000,- dengan harga segitu anda dapat menikmati malam di kawasan TNGHS yang indah.

Satu tempat lagi yang tidak kalah indahnya di TNGHS, yaitu kawah ratu. Mungkin sebagian dari anda tidak asing dengan tempaat ini. Untuk sampai menuju kawah ratu, anda perlu memiliki stamina dan energy yang kuat. Karna anda membutuhkan waktu dua setengah jam dengan jarak tempuh empat kilometer untuk sampai kepuncak kawah ratu. Belum lagi track yang dilalui tidak mudah. Anda akan melewati jalan yang terjal dan licin, ditambah dengan adanya lumpur dan sungai. Namun, semua rasa lelah akan terbayarkan dengan keindahan alam yang disajikan.

Kawah ratu adalah kawasan terindah di jawa barat yang wajib di datangi. Kawah ratu ini merupakan erupsi dahsyat yang pernah di alami gunung salak. Erupsi ini memang tidak sebesar gunung anak krakatau maupun gunung tambora, namun efeknya mampu membuat kawah ratu tampak indah. Pesona yang indah membuat mata tak ingin untuk berkedip sedikitpun.