Rabu, 3 September 2025 merupakan hari pertama saya mengikuti mata kuliah "Pendidikan Pancasila" secara daring melalui googlemeet di rumah. Semangat untuk belajar membuat saya bangun pagi hari untuk mempersiapkan segala keperluan dari internet, baterai, dan perangkat lainnya. Bapak Study Rizal merupakan dosen mata kuliah Pendidikan Pancasila ini, dengan dibagi menjadi 2 room suasana yang ramai dan menyenangkan namun tetap kondusif. Dengan pembawaan yang santai membuat kami menjadi tidak kaku dan senang selama mengikuti googlemeet.
Dalam mengajar, Pak Rizal menyampaikan poin-poin penting untuk mengikuti mata kuliah ini :
Pertama, Aturan Kehadiran : minimal kehadiran 75% (12 kali pertemuan),Kehadiran penuh 100% (16 kali pertemuan).Â
Kedua, Pembagian Kelompok & Tugas :Â
1. Kelompok Diskusi terdapat 7 kelompok (sesuai jumlah bab) yang dimana setiap kelompok bertugas untuk membaca dan memahami materi, melakukan klasifikasi, membuat resume, membagikan hasil ke teman-teman, mengedit dan menyusun PPT presentasi, serta jika direvisi, wajib diperbaiki.
2. Rangkuman boleh digunakan sebagai bahan pembahasan saat presentasi, karena saat presentasi tidak boleh melihat teks dan juga kita harus menguasai materi yang akan dipresentasikan.
3. Subbab dan Tugas Tambahan setiap kelompok memiliki subbab khusus.
- Subbab F untuk kebutuhan yang harus direspons.
- Subbab G untuk UTS, tugas mingguan, dan diposting di Kompasiana.
Ketiga, Tugas Pengganti Uts, Contoh:Â
Bab 1.
Bentuk tugas: mengomentari tulisan.
Mekanisme: Mengcopy paste tulisan yang bisa dikomentari dan diposting di Kompasiana atau Retizen Republika untuk selanjutnya diserahkan ke PJ dan di list selama seminggu
Keempat, Jumlah & Bentuk Tulisan :
- Karena ada 7 bab minimal ada 7 karya/catatan.
- Jumlah tulisan: minimal 12, maksimal 16 tulisan.
- Format: boleh berupa paragraf (diawali dengan cerita).
- Aturan: 1 minggu = 1 tulisan akan dilist siapa saja yang sudah mengerjakan.
Kelima, Â Respon Materi : Apa yang disampaikan di kelas harus direspons boleh mengambil potongan berita online tentang kesejahteraan masyarakat lalu diberi respon.
Keenam, Â Tugas Uas: Podcast / Video dengan ilustrasi yang materinya berasal dari masingg-masing bab dengan syarat ; Host maksimal dua orang yang bertanya dan narasumber penjawab juga membuat skenario sendiri.
 Ketujuh, Komponen Penilaian: Formatif yaitu Kehadiran & Tugas mingguan, UTS Berdasarkan subbab, dan UAS Membuat video tentang kehidupan sosial.
Itulah beberapa peraturan dan sistematika yang telah disampaikan oleh Bapak Rizal. Karena penjelasan yang disampaikan jelas dan rinci saya menjadi paham dan bisa mempersiapkan apa yang harus saya lakukan selanjutnya di mata kuliah Pendidikan Pancasila ini. Dengan diakhiri salam penutup maka selesailah sudah pertemuan pertama saya pada mata kuliah Pendidikan Pancasila. Saya senang selama mengikuti googlemeet hari ini.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI