Mohon tunggu...
Fachrudin Alfian Liulinnuha
Fachrudin Alfian Liulinnuha Mohon Tunggu... Administrasi - Hanya sekedar freelance

Hanya ingin sekedar berbagi, bukan menggurui....

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Terlalu Tampan, Sajian Komedi Absurd dan Penuh Makna

7 Februari 2019   18:48 Diperbarui: 7 Februari 2019   18:53 189
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
instagram.com/fimterlalutampan

Setiap cowok pasti punya mimpi dan harapan ingin memiliki wajah yang tampan. Dengan ketampanan yang dimiliki, bukan tidak mungkin dia akan mudah mendapatkan apa yang di inginkannya. Popularitas, ketenaran dan di kagumi banyak orang adalah sebagian kecil hal-hal yang bisa didapatkannya karena berkah dari wajah yang terlalu tampan. Tapi dibalik itu semua, bagaimana rasanya kalau ketampanan yang dimiliki oleh seorang pria tiba-tiba bisa menjadi sebuah penderitaan. Lalu cowok macam mana yang tiba-tiba menderita karena punya wajah terlalu tampan ? Banyak hal di dunia ini yang memang sulit di mengerti.... 

Penggambaran tentang seorang cowok yang galau karena memiliki wajah tampan ternyata sudah dikemas secara absurd dan unik oleh  sutradara Sabrina Rochelle Kalangie dalam sebuah film yang berjudul "Terlalu Tampan". Film produksi Visinema Pictures yang rilis pada 31 Januari 2019 ini adalah adaptasi dari sebuah komik daring populer berjudul "Terlalu Tampan: Diary Orang Ganteng"  karangan Muhammad Ahmes Avisiena Helvin dan Savenia Melinda. 

Sejak dirilis pertama kali pada Maret 2017 di Line Webton, komik terlalu tampan sudah dibaca sebanyak sembilan juta kali. Komik daring yang terdiri dari 100 episode ini juga sudah dijadikan buku oleh Bukune. Dalam Webtoon, Terlalu Tampan bahkan sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Mandarin, dan Thailand untuk menjaring lebih banyak pembaca. 

Mungkin karena cerita komiknya yang absurd, unik dan menggelitik maka dari itulah Visinema Pictures tertarik untuk mengangkatnya dalam versi layar lebar. Kebetulan tanggal 31 Januari kemarin saya bersama teman-teman komunitas Kompasianer Jogja berkesempatan untuk menyaksikan film Terlalu tempan di bioskop XXI Empire Jogja. Maka dari itu di bawah ini saya akan sedikit memberikan ulasan tentang film Terlalu Tampan yang telah saya tonton. Semoga tidak terlalu spoiler ya, hehe... 

Sinopsis

instagram.com/terlalutampan
instagram.com/terlalutampan
Film Terlalu Tampan bercerita tentang seorang pria bernama asli Witing Tresno Jalaran Soko Kulino atau yang biasa dipanggil Mas Kulin (Ari Irham). Lahir dari keluarga yang semuanya memiliki garis ketampanan, membuat Kulin terjebak dalam ketidaknyamanan dan penderitaan. Sebagai orang tampan, kulin bukannya memanfaatkan ketampanannya untuk meraih popularitas ataupun bisa menggaet banyak cewek, Kulin justru menjadi pribadi yang tertutup dan jarang bersosialisasi dengan dunia luar.

Dia merasa benci dan risih kepada para cewek-cewek yang hanya melihat dirinya cuma dari mukanya yang terlalu tampan. Di tambah lagi reaksi para cewek yang sangat histeris bahkan sampai mimisan ketika melihatnya membuat kulin semakin tidak nyaman dengan anugerah ketampanan yang dimilikinya.

Dengan keadaan Kulin yang seperti itu, terpaksa membuat kedua orang tuanya yaitu Pak Archewe (Marcelino Lefrandt) dan Bu Suk (Iis Dahlia) menyekolahkan mereka di rumah alias Homeschooling. Hingga suatu malam Pak Archewe, Bu Suk dan sang kakak kulin yaitu Mas Okis (Tarra Budiman) bersekongkol untuk membuat sebuah misi bagaimana Kulin bisa lebih mengenal dunia luar dengan cara menyekolahkannya di sekolah umum. Misi yang dinamakan OMALIN (Operasi Mas Kulin) akhirnya berhasil meyakinkan dan membuat Kulin untuk mau sekolah di SMA umum, tapi lagi-lagi Kulin mengajukan syarat dia hanya mau sekolah di SMA khusus cowok.

Kulin, Pak Archewe dan Bu Suk (www.kapanlagi.com)
Kulin, Pak Archewe dan Bu Suk (www.kapanlagi.com)
Kulin akhirnya masuk di sekolah khusus cowok yang bernama SMA Horridson, dari sekolah inilah Kulin menghadapi berbagai problem masalah dari mulai membuat seorang guru wanita kejang-kejang sampai harus dilarikan ke rumah sakit karena menyaksikan ketampanannya hingga sampai dibuly oleh geng 3 tak pimpinan Sidi (Dimas Danang). Karena merasa berkuasa di SMA Horridson, Sidi memaksa Kulin untuk  mengajukan proposal pesta prom gabungan kepada si "Terlalu Cantik" Amanda (Nikita Willy) yang ada di sekolah khusus cewek (SMA BBM).

Dari trailer filmnya kita sudah tahu apa yang terjadi setelah Kulin ada di SMA BBM, dia buka helmya dan bummm..... pesona ketampanan kulin yang memancar diiringi efek ledakan dahsayat mampu membuat heboh dan histeris seluruh siswi SMA BBM hingga banyak yang mimisan, kejang-kejang bahkan sampai kesurupan.   

Kulin yang merasa terancam dan ketakutan akhirnya melarikan diri dan malah berniat bunuh diri dengan cara melompat dari gedung tinggi, tapi niat itu akhirnya di urungkan gara-gara dia melihat seorang cewek bernama Rere (Rachel Amanda) yang cuek dan tidak peduli dengan wajah tampannya. Karena sifat Rere yang aneh itu, otomatis membuat kulin langsung merasakan apa yang namanya jatuh cinta.

Rere, Kulin dan Kibo (Visinema Pictures)
Rere, Kulin dan Kibo (Visinema Pictures)
Melihat Cewek seperti Rere, ia seperti menemukan cinta sejati yang selama ini ia cari. Namun masalah semakin rumit ketika Kulin tahu bahwa sahabat dekatnya Kibo (Calvin Jeremy) ternyata mencintai cewek yang juga ia cintai yaitu Rere. Dari situlah ujian terberat dimulai bagi seorang cowok terlalu tampan bernama Mas Kulin, mampukah dia menghadapinya?. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun