Mohon tunggu...
Evi Sephia Nurfadlilah
Evi Sephia Nurfadlilah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

KKN Tematik MDBPE-MBKM Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah di Cibiru

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

KKN UPI 2021: Pelatihan Penggunaan Google Forms, Sarana Pembelajaran Daring kepada Guru

4 Agustus 2021   07:12 Diperbarui: 4 Agustus 2021   10:20 94 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN UPI 2021: Pelatihan Penggunaan Google Forms, Sarana Pembelajaran Daring kepada Guru
Gambar 1 Kegiatan Pelatihan Penggunaan Google Form di SDN Parungjaya II (Dokpri)

Sudah setahun lebih Indonesia penuh dengan guncangan. Bukan karena diakibatkan dari bencana alam yang bersifat teritorial, melainkan merebaknya virus yang membuat setiap orang dilanda kecemasan. Betapa tidak seluruh belahan dunia dilanda pandemi ini yang belum diketahui ujungnya. 

Corona virus disease atau Covid-19, begitu sebutan orang-orang terhadap virus yang sangat menghebohkan seantero dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Ibarat jantung yang tiba-tiba berhenti berdetak, Covid-19 membuat semua lini kehidupan mengalami hal serupa. 

Ekonomi, merupakan hal pertama yang paling merasakan dampak negatif dari merebaknya Covid-19. Seiring berjalannya waktu bukan hanya bidang ekonomi, bidang pendidikan mulai paling merasakan dampak negatif dari virus ini. Ketidakpastian dalam menjalankan proses pembelajaran serta tidak maksimalnya capaian hasil pembelajaran mulai terlihat disetiap jenjang pendidikan.

Melihat lebih jauh kasus merebaknya Covid-19 menambah deretan panjang permasalahan dalam pendidikan. Pendidikan yang sejatinya merupakan sebuah proses dalam mengembangkan segala potensi yang dimiliki oleh setiap manusia seakan sangat sulit untuk dijalankan di masa pandemi. 

Keterbatasan pengetahuan, metode dan media pendukung serta bergesernya gaya belajar konvensional yang bersifat tatap muka ke arah digitalisasi yang bersifat daring menambah rumit permasalahan dalam bidang pendidikan itu sendiri. Tidak berhenti sampai disini, implementasi proses belajar yang dijalankan pun harus dilaksanakan dirumah oleh siswa sendiri. 

Siswa dipaksa berdamai dengan keadaan dan berusaha memahami dan menjalankan proses pembelajaran secara mandiri. Tak hanya itu, guru yang berperan sebagai pendidik di sekolah harus memberikan pembelajaran dengan menggunakan metode, srategi dan media pembelajaran yang optimal kepada siswa.

Berdasarkan kondisi tersebut, Evi Sephia Nurfadlilah sebagai seorang mahasiswi UPI Kampus Daerah di Cibiru tidak merasa terhalangi untuk melaksanakan KKN Tematik dibidang pendidikan pada masa pandemi ini di SDN Parungjaya II Kecamatan Leuwimunding Kabupaten Majalengka. 

Kegiatan KKN ini dilaksanakan secara online selama sebulan dengan program unggulan bersasaran kepada guru dengan topik penguatan penggunaan Google Form sebagai sarana pembelajaran daring di masa pandemi.

Gambar 2 Contoh Pembuatan Daftar Hadir melalui Google Form (Dokpri)
Gambar 2 Contoh Pembuatan Daftar Hadir melalui Google Form (Dokpri)

Pada kegiatan ini, berdasarkan kejadian di SDN Parungjaya II pembelajaran daring ini setiap harinya dilaksanakan menggunakan grup WhatsApp yang diawali langsung dengan memberikan tugas tanpa adanya pengisian absensi terlebih dahulu tapi siswa langsung diperintahkan untuk mengerjakan soal yang ada di buku Tematik dan menuliskannya dibuku catatan dan hasilnya difoto dikirimkan kepada guru melalui WhatsApp

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x