Mohon tunggu...
Evi kristin sebayang
Evi kristin sebayang Mohon Tunggu...

do what you want!

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Social Media VS Social Network

31 Oktober 2016   13:14 Diperbarui: 31 Oktober 2016   14:17 973
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

•SOSIAL MEDIA

Media sosial/social media adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Pendapat lain mengatakan bahwa media sosial adalah media online yang mendukung interaksi sosial dan media sosial menggunakan teknologi berbasis web yang mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif.

Peran social media bagi komunukasi bisnis :

1.Sosial media sebagai media promosi

Ada beberapa alasan social media sebagai media promosi :

  1. Mudah. Kemudahan dalam melakukan promosi bisnis dalam sosial media karena fitur yang disediakan memang mudah untuk dijalankan. Cukup melakukan display produk pada akun maka teman-teman akan melihat apa yang ditawarkan.
  2. Gratis. Selain mudah, kegiatan promosi bisnis juga ternyata bisa dilakukan secara gratis. Artinya bahwa tidak ada biaya yang diperlukan atau dibebankan oleh pemilik (perusahaan) situs sosial kepada pengguna (user).
  3. Cepat. Proses promosi di sosial media dapat dilakukan dalam hitungan detik. Proses yang singkat ini membuat pelaku bisnis sangat senang menggunakan sosial media untuk melakukan display produk.
  4. Jangkauan luas. Produk yang dipromosikan memiliki jangkauan luas karena sosial media digunakan secara global. Artinya bahwa untuk mendapatkan calon pelanggannya yang banyak hanya diperlukan teman yang banyak pula.

2.Sosial media sebagai tempat transaksi

Keunggulan sosial media dalam perkembangan bisnis ternyata tidak hanya sampai disitu . sosial media juga bisa menjadi tempat untul melakukan transaksi.jadi,tanpa perlu bertemu secara langsung antara penjual dan pembeli bisa melakukan transaksi barang.hanya saja produk-produk tertentu,transaksi sebaiknya dilakukan setelah penjual dan pembeli bertemu secara langsung 

SOCIAL NETWORK

Jejaring sosial merupakan situs dimana setiap orang bisa membuat web page pribadi, kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Jejaring sosial terbesar antara lain Facebook, Myspace, dan Twitter. Jika media tradisional menggunakan media cetak dan media broadcast, maka media sosial menggunakan internet. Media sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpertisipasi dengan memberi kontribusi dan feedback secara terbuka, memberi komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas.

Strategi komunikasi bisnis pada Jaringan social:

1.Pilihlah salah satumode penyusunan untuk setiap pesan, tujuan dan jaringan

2 Tawarkanlah isiyang bernilai kepada anggota kepada komunitas online

3.Bergabunglah denganpercakapan yang tersedia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun