•SOSIAL MEDIA
Media sosial/social media adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Pendapat lain mengatakan bahwa media sosial adalah media online yang mendukung interaksi sosial dan media sosial menggunakan teknologi berbasis web yang mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif.
Peran social media bagi komunukasi bisnis :
1.Sosial media sebagai media promosi
Ada beberapa alasan social media sebagai media promosi :
- Mudah. Kemudahan dalam melakukan promosi bisnis dalam sosial media karena fitur yang disediakan memang mudah untuk dijalankan. Cukup melakukan display produk pada akun maka teman-teman akan melihat apa yang ditawarkan.
- Gratis. Selain mudah, kegiatan promosi bisnis juga ternyata bisa dilakukan secara gratis. Artinya bahwa tidak ada biaya yang diperlukan atau dibebankan oleh pemilik (perusahaan) situs sosial kepada pengguna (user).
- Cepat. Proses promosi di sosial media dapat dilakukan dalam hitungan detik. Proses yang singkat ini membuat pelaku bisnis sangat senang menggunakan sosial media untuk melakukan display produk.
- Jangkauan luas. Produk yang dipromosikan memiliki jangkauan luas karena sosial media digunakan secara global. Artinya bahwa untuk mendapatkan calon pelanggannya yang banyak hanya diperlukan teman yang banyak pula.
2.Sosial media sebagai tempat transaksi
Keunggulan sosial media dalam perkembangan bisnis ternyata tidak hanya sampai disitu . sosial media juga bisa menjadi tempat untul melakukan transaksi.jadi,tanpa perlu bertemu secara langsung antara penjual dan pembeli bisa melakukan transaksi barang.hanya saja produk-produk tertentu,transaksi sebaiknya dilakukan setelah penjual dan pembeli bertemu secara langsungÂ
SOCIAL NETWORK
Jejaring sosial merupakan situs dimana setiap orang bisa membuat web page pribadi, kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Jejaring sosial terbesar antara lain Facebook, Myspace, dan Twitter. Jika media tradisional menggunakan media cetak dan media broadcast, maka media sosial menggunakan internet. Media sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpertisipasi dengan memberi kontribusi dan feedback secara terbuka, memberi komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas.
Strategi komunikasi bisnis pada Jaringan social:
1.Pilihlah salah satumode penyusunan untuk setiap pesan, tujuan dan jaringan
2 Tawarkanlah isiyang bernilai kepada anggota kepada komunitas online
3.Bergabunglah denganpercakapan yang tersedia