Mohon tunggu...
Evelyn Sutedjo
Evelyn Sutedjo Mohon Tunggu... ibu rumah tangga

Hati yang gembira adalah obat

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Life is a Journey

26 Januari 2021   13:40 Diperbarui: 26 Januari 2021   13:45 84 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Life is a Journey
ilustrasi pribadi

Tahun lalu (sebelum masa pandemi), Lily berkesempatan melakukan perjalanan darat yang cukup panjang. Salah satu tujuan perjalanan itu adalah acara 'Peringatan ulang tahun ke-93' ibunya. Tema ulang tahun kali ini adalah 'Life is a Journey'.  Ya... perjalanan hidup ibu Lily sampai umur itu telah diisi oleh begitu banyak kisah senang, susah, sehat dan sakit yang datang silih berganti.

Dalam perjalanan yang panjang itu, Lily menemukan kembali makna hidup yang pasti pernah dialami semua orang.

  • Ada tujuan 

Memiliki paling tidak satu tempat tujuan yang ingin dicapai, dengan jadwal kegiatan yang akan dilakukan.

  • Dihadapkan pada pilihan

Banyak alternatif jalan yang bisa ditempuh untuk sampai ke tujuan. Dengan bantuan teknologi, kini orang bahkan bisa mengetahui jalan mana saja yang dapat dipilih dan berapa lama melewati jalan itu. Kalaupun salah jalan saat menemukan rute baru, ia dapat mencari alternatif untuk kembali ke arah yang benar.

  • Ada unsur percaya

Ada orang yang dipercaya untuk mengemudikan mobil. Para penumpang menaruh percaya kepadanya bahwa ia akan membawa mereka ke tempat yang benar dan dengan selamat.

Si pengemudi harus fokus mengendarai mobilnya dan tetap terjaga, meskipun para penumpang tidur. Ia harus memerhatikan jalan, menjalankan mobil dengan hati-hati sambil mengamati situasi di sekelilingnya, dan memerhatikan rambu-rambu dan kondisi jalan yang dilaluinya.

  • Terkadang perlu waktu untuk istirahat

Dalam perjalanan yang panjang, pengemudi selalu dianjurkan untuk beristirahat sebentar, supaya terhindar dari kecelakaan karena mengantuk.

  • Perlu mengisi bahan bakar

Kendaraan hanya bisa berjalan bila diisi dengan bahan bakar yang tepat. Mobil diesel diisi solar dan mobil bukan diesel diisi bensin. Saat dipergunakan dalam perjalanan, bahan bakar itu akan berkurang sehingga harus diperhatikan ketersediaannya.

  • Dibutuhkan kesabaran si pengemudi

Di sepanjang jalan, ia berjumpa dengan banyak pengemudi lainnya yang juga memakai jalan yang sama. Mereka mungkin mengemudikan kendaraan dengan sewenang-wenang, bahkan mungkin ngebut, seperti tidak peduli dengan keselamatan diri mereka. Jadi si pengemudi harus sabar dan mengalah agar mengemudikan kendaraannya dengan selamat.

  • Perjalanan melalui jalan yang lurus dan tikungan

Apa yang ada di depan terlihat jelas bila sedang menempuh jalan yang lurus. Namun tidak demikian halnya bila jalan menikung, karena itu si pengemudi harus lebih berhati-hati. Jalan yang dilaluinya pun tidak selalu mulus dan bagus, tetapi terkadang bergelombang, berkerikil, bahkan rusak.

  • Sesekali menyalip mobil atau kendaraan di depannya

Saat ada mobil di depan dan pandangannya terhalang, si pengemudi harus memperhitungkan kemungkinan aman untuk menyalipnya, supaya pandangannya kembali bebas dan nyaman. Namun terkadang ada kendaraan yang tidak mau disalip dan dengan santai berjalan di tengah.

  • Jalan terkadang sepi dan terkadang ramai

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x