Mohon tunggu...
Eva TitisWidianingrum
Eva TitisWidianingrum Mohon Tunggu... Guru - Pelajar

Nama : Eva Titis Widianingrum TTL : Pacitan, 4 Mei 1998

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Dampak Pendidikan di Era Pandemi Covid-19

23 Oktober 2021   19:04 Diperbarui: 23 Oktober 2021   19:16 41 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Di era pandemic saat ini, pendidikan di Indonesia merupakan salah satu yang terkena dampak paling besar. Hal ini mengakibatkan semua sekolah di Indonesia di liburkan. 

Tapi sampai saat ini pandemic masih belum berakhir, dan membuat anak-anak rindu akan pembelajaran di sekolah. Berbagai macam tantangan harus dihadapi untuk system pendidikan online saat ini, selain anak –anak harus belajar  mandiri , fasilitas dan sumber daya juga tidak kalah penting. 

Masih banyak sekali anak-anak yang terkendala fasilitas untuk belajar, tidak Cuma siswa tetapi tenaga pendidik dan orang tua siswa pun mengalami kendala.  Terutama di daerah pedesaan. Masih banyak yang tidak memiliki handphone. Tenaga pendidik terkendala signal, dan lain sebagainya.

System pembelajaran online ini secara tidak langsung membuat kesenjangan social ekonomi yang sudah terjadi sejak lama, menjadi semakin melebar saat pandemic Banyak para orang tua yang mengeluh dalam mendampringi anaknya dalam belajar. Begitupun dengan para guru yang memikirkan nasib anak didiknya. 

System daring tidak benar – benar menjadi solusi walaupun pembelajaran daring belum disiapkan secara matang tentunya berdampak pada pembelajaran yang dilakukan oleh tenaga pendidik begitupun dengan peserta didik yang sering kali tidak memahami materi yang disampaikan yang mengakibatkan angka putus sekolah yang meningkat baik di kota maupun di desa. 

Jika pendidikan di Indonesia terus seperti ini maka kualitas pendidikan kita kurang maksimal. Pemerintah harus melakukan upaya lebih untuk meningkatkan kualitas belajar dan kurikulum pendidikan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan