Mohon tunggu...
Euis Fatimah
Euis Fatimah Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

(Nothing is impossible with Allah SWT) 🌷🍃

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengenal Lebih Dekat dengan Teori Vygotsky

29 Maret 2021   23:10 Diperbarui: 29 Maret 2021   23:34 725
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://practicalpie.com/lev-vygotsky/

Pada Awalnya Vigotsky beliau merupakan guru sastra yang berasal dari rusia. dia lahir pada tanggal 05 Novemver 1896. kemudian wafat pada tanggal 11 juni 1934 dikarena terkena penyakit TBC (Tuberculosis) pada usia menginjak 37 tahun. Kemudian Pada usia 28 tahun beliau tertarik ke dalam bidang psikologi untuk itulah dia menjadi tokoh dunia pendidikan psikologi pendidikan. menurut vigotsky ini adapun fungsi kognitif itu berasal dari interaksi sosial  masing-masing per individu dalam konsep budayanya. dalam teori ini vigotsky juga berpendapat bahwasanya perkembangan kognitif dan bahasa pada anak-anak itu tidak dapat berkemabang dalam situasi sosial yang hampa. dalam hal ini vigotsky adalah salah satu orang yang mengagumi sosok piaget yang dalam teorinya perkembangannya itu.

 Tahap perkembangan pada anak-anak diarea kognitif itu terjadi secara bertahap, atau tidak langsung. dan dapat dicirikan atau dibedakan dengan adanya gaya yang berfikir dari setiap anak itu berbeda-beda. Akan tetapi dalam hal ini vigotsky kurang setuju tentang pernyataan piaget yang menyatakan bahwa : "si kecil sendirilaah yang dapat terlibat dalam perkembangannya". Vigotsky menekankan bahwasanya dalam perkembangan sosial manusia tidak bisa dipisahkan dari yang namanya sosial dan budaya. dia berkata perkembangan kognitif , psikomotorik, mental, dan afektif itu sangat dipengaruhi oleh sosiologi budaya yang datang dari mayarakat itu sendiri baik dari segi bahasa, pengalaman dan sopan santun serta masih banyak lagi. Jadi pertumbuhan sangat dipengaruhidari lingkungan sekitar rumahnya.

Dalam Teori Vigotsky ini menekankan tentang bagaimana suatu proses-proses perkemabangan mental, seperti ingatan, perhatian, dan suatu proses penalaran itu melibatkan suatu pembelajaran menggunakan temuan-temuan masyarakat seperti bahasa, sistem matematika, dan alat-alat ingatan.

Apasih yang dimaksud dengan Private Speech itu?

Privat Speech merupakan suatu kebiasaan seseorang anak dalam berbicara dengan keras, dengan suara yang lantang dan dengan pada diri sendiri tanpa bermaksud berbicara kepada oranglain. dalam hal ini adalah merupakan suatu aktivitas yang wajar dan normal bagi para anak usia dini.

            Vigotsky sangat meyakini bahwasanya pembelajaran itu terjadi disaat para siswa atau anak-anak itu sudah mulai mengalami dan menangani tugas-tugasnya yang belum dipelajari, namun tugas itu berada dalam ZPD atau yang sering kita sebut sebagai " Zone Of Proximal Development" adapun ZPD merupakan suatu konsep dari teori vigotsky atau suatu istilah untuk rangkaian tugas yang dirasa terlalu sulit dikuasi oleh anak-anak seorang diri. akan tetapi dapat dipahami dan dipelajari dengan adanya suatu upaya bimbingan dan bantuan dari seseorang dewasa atau teman sebayanya yang sudah terlatih dan terasah.

            Kemudian ada istilah Actual Development, dalam hal ini merupakan batas bawah dari ZPD yaitu tingkatan yang dimiliki oleh seseorang anak-anak yang bekerja secara individu atau mendiri. sedangkan istilah Potential Development merupakan batas atas dari ZPD yaitu tingkatan keahlian yang dapat diterima oleh seseorang anak-anak dengan melalui bantuan orang dewasa lainnya atau melalui teman sebaya yang sudah terlatih dan terasah tadi.

Teori vigotsky ini terbentuk dari tiga konsep utama. yaitu sebagai berikut :

  • Intelektual sikecil berkembang seiring si kecil mengalami ide-ide dan pengalaman-pengalaman baru.
  •  Intelektual ini berkemabang seiring adanya interksi dengan orang lain, seperti berinteraksi sosial dengan kedua orang tuanya, gurunya kerabat dekatnya maupun teman-temannya.
  •  Guru adalah mediaator dalam pembelajaran si kecil. Penekanan teorinya adalah menekankan betapa pentingnya awal pengetahuan sangat penting dalam proses pembelajaran.

Melalui hasil penekanan itulah kita dapat membaca bahwasanya teori vigotsky ini dibagi menjadi Tiga. Yang pertama Hukum Genetik yaitu : kemampuan seorang anak yang dapat tumbuh dalam dua latar belakang yaitu latar belakang Psikologis dan Latar belakang Sosial. Yang kedua adalah Zona perkembangan proksimal (ZPD), dalam hal ini dibagi lagi menjadi Dua tingkatan, diantaranya ialah : yang pertama ialah Bagaimana cara anak alam menyelesaikan masalah dengan sendirinya dan yang kedua bagaimana caranya menyelesaikan masalah dengan melalui bantuan orang lain. Yang ketiga Media, adapun media ini juga dibagi lagi menjadi dua, yang pertama adalah mediasi kognitif dan yang kedua adalah mediasi metakognitif.

Adapun Proses mental terbagi terbagi menjadi menjadi 6 tahap yaitu :

  • Elementary: masa praverbal (selama anak blm menguasai verbal, menggunakan menggunakan bahasa tubuhnya tubuhnya)
  • Higher masa setelah anak dapat berbicara (berhubungan dengan lingkungan secara verbal).
  • Perkembangan kognitif melalui melalui proses internalisasi yang bersifat transformatif, yaitu memunculkan perkembangan yang tidak sekedar berupa transfer atau pengalihan dr lingkungannya
  • Interaksi dengan orang dewasa atau kolaborasi dengan anak yang lebih besar usianya lebih bermanfaat dibanding dengan anak yang sebaya.
  • Anak kognitifnya berkembang apabila apabila dibimbing oleh orang yang lebih dewasa (membangun scaffolding)
  • Wilayah perpindahan keterampilan dari lingkungan ke dalam dirinya disebut Zone of Proximal Development (ZPD). ZPD mrpk wilayah wilayah potensial potensial dan sensitif bagi terjadinya perkembangan kognitif melalui belajar terbimbing .

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun