Mohon tunggu...
ANDRE ELAUSTA
ANDRE ELAUSTA Mohon Tunggu... Traveller and Businessman

Traveller and Businessman

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

5 Tips Puasa Saat Hamil

29 Mei 2019   10:16 Diperbarui: 31 Mei 2019   22:37 0 2 0 Mohon Tunggu...
5 Tips Puasa Saat Hamil
https://unsplash.com

Tips Puasa Untuk Ibu Hamil - Ada beberapa ciri-ciri orang hamil muda yang dapat dilihat secara langsung pada diri seorang wanita bahkan sebelum wanita tersebut memeriksa kandungannya. 

Namun sayangnya, beberapa wanita yang baru pertama kali mengandung terkadang tidak memperhatikan ciri-ciri tersebut, sehingga mereka tidak menyadari bahwa dirinya tengah hamil muda sebelum memeriksakan diri ke dokter maupun memeriksa air seninya sendiri dengan test pack atau alat tes kehamilan.

 Hal ini dapat menyebabkan sang calon ibu terlambat dalam mempersiapkan nutrisi terbaik untuk sang calon buah hati. Agar hal ini tidak terjadi, anda perlu menyimak ciri-ciri hamil muda berikut ini :

Ciri-ciri orang hamil muda:

  1. Sering mual dan muntah di pagi hari (morning sickness)
  2. Lebih sering ke toilet untuk buang air kecil
  3. Mengalami perubahan mood yang tidak seperti biasanya
  4. Lebih cepat lelah dari biasanya
  5. Penciuman menjadi lebih tajam dari biasanya
  6. Mulai ngidam makanan atau minuman tertentu

Lalu, bagaimana jika ternyata anda atau istri anda telah mengalami ciri-ciri orang hamil muda diatas saat sedang menjalankan ibadah puasa? Apakah anda atau istri anda harus langsung berhenti berpuasa?  Wanita yang sedang hamil memang tidak diwajibkan untuk berpuasa. Namun, jika anda ingin tetap menjalankan ibadah puasa saat hamil, ada beberapa tips puasa saat hamil yang bisa dijalankan untuk anda.

Tips puasa untuk ibu hamil :

https://howieandbelle.com
https://howieandbelle.com
  • Konsultasi ke dokter terlebih dahulu

Sebelum memutuskan untuk berpuasa saat hamil, anda wajib berkonsultasi ke dokter kandungan anda untuk memeriksa apakah kondisi kesehatan dan kehamilan anda memungkinkan anda untuk berpuasa. 

Ada yang bilang bahwa seorang ibu yang hamil pada trimester pertama dan kedua sebaiknya tidak berpuasa karena beresiko terhadap kurangnya asupan nutrisi yang diterima janin. Untuk itu, sebaiknya anda tidak mengambil resiko dengan memutuskan untuk berpuasa saat hamil tanpa berkonsultasi ke dokter kandungan anda.

  • Perhatikan asupan nutrisi dengan memilih makanan dan minuman yang tepat untuk sahur dan buka puasa.

Bagi ibu hamil, sangat penting untuk memperhatikan asupan nutrisiyang akan mempengaruhi perkembangan janin. Untuk itu, anda harus ekstra hari-hati dalam memilih makanan dan minuman yang tepat saat sahur dan berbuka puasa. Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang wajib anda konsumsi dan wajib anda hindari.

  • Cegah dehidrasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x