Mohon tunggu...
etin spr
etin spr Mohon Tunggu... Guru - etienspr.blogspot.com

Seorang ibu dari 2 anak dan berprofesi sebagai guru. Sedang belajar menuangkan pikiran dalam tulisan.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Ngaturaken Sembah Ngabekti dumateng Bapak soho Ibu...

22 Mei 2020   12:00 Diperbarui: 22 Mei 2020   11:56 3361
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Sebentar lagi lebaran. Ada yang beda dengan lebaran tahun ini.  Karena pandemic covid-19, kami sekeluarga tidak bisa mudik ke kampung halaman. Saya yakin, banyak juga keluarga keluarga yang lain yang memutuskan tetap tinggal di rumah untuk memutus rantai penyebaran virus corona. Meskipun di sisi lain ada juga keluarga yang memutuskan untuk mudik dengan banyak pertimbangan tertentu

Pagi ini tidak sengaja saya membuka you tube dan menemukan lagu "wiwit aku isih bayi".

Tembang yang sering saya dengar ketika masa kanak kanak, dilantunkan dengan merdu oleh ibu. (Saya baru menyadari ternyata lirik tembang ini di tembangkan dengan nada yang hampir sama dengan lagu ibu pertiwi).


"Wiwit aku isih bayi,wong tuwa sing ngopeni

Nganti tumeka saiki, lair batin gemati.

Mangkat sekolah aku disangoni,

Sandhang pangan wus mesthi.

Mula aku kudu ngerti, mbangun turut ngajeni.

Keparenga amba matur dhateng bapak lan ibu.

Nyuwun berkah lan pangestu, Amrih langgeng rahayu.

Atur panuwun mbo kekalih, Kinanthen sembah bekti.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun