Mohon tunggu...
drg.  Ester Surbakti
drg. Ester Surbakti Mohon Tunggu... Dokter - Dokter gigi puskesmas dan juga berpraktik mandiri

Artikel postingan saya akan membahas seputar kesehatan gigi dan mulut

Selanjutnya

Tutup

Healthy Artikel Utama

Gigi Susu Harus Dirawat!

1 Juli 2022   20:18 Diperbarui: 8 Juli 2022   20:35 526 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi gigi susu (Sumber gambar dari health.grid.id)

PERIODE PERTUMBUHAN GIGI MANUSIA

Proses pertumbuhan gigi manusia dimulai sejak dari janin berusia 10 minggu. Oleh karena itu, tindakan untuk 'memperhatikan' kesehatan gigi seharusnya sudah dimulai orang tua sejak masih mengandung. Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman tinggi kalsium dan vitamin.

Gigi susu biasanya mulai terlihat saat anak memasuki usia 6 bulan (kadang lebih cepat atau lebih lambat). 

Pertumbuhan gigi susu dimulai dari gigi seri bagian bawah lanjut ke gigi seri bagian atas, kemudian disusul oleh gigi-gigi lain sampai berjumlah 20 gigi. Proses pertumbuhan gigi susu umumnya selesai dalam 2 tahun. 

Sumber foto: Theurbanmama.com 
Sumber foto: Theurbanmama.com 

Gigi permanen akan mulai menggantikan gigi susu pada usia 6 tahun (ada yang lebih cepat atau lebih lambat dipengaruhi oleh banyak faktor). Masa ini disebut periode gigi campuran, di mana dalam satu mulut dapat ditemui gigi susu dan gigi permanen. 

Proses pergantian ini umumnya selesai pada usia 13 -15 tahun yang kemudian akan dilanjutkan dengan pertumbuhan gigi bungsu pada usia 17-25 tahun. 

Dari proses pergantian gigi geligi tersebut dapat disimpulkan bahwa anak akan 'menggunakan' gigi susunya selama kurang lebih 11 tahun. Hal ini menunjukkan bahwa permasalahan yang dialami anak pada periode gigi susu bukanlah hal yang boleh diabaikan begitu saja. 

HUBUNGAN GIGI SUSU DAN GIGI PERMANEN

Sering dijumpai kasus di praktik dokter gigi ketika orang tua membawa anak untuk mencabut gigi susu dengan alasan sering sakit dan bengkak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan