Esteria Nanda
Esteria Nanda Mohon Tunggu... Mahasiswa - Bukan sekedar foodie biasa, saya memang sangat suka kulineran ke berbagai tempat tapi tak lupa juga untuk tetap berolahraga agar tetap sehat walaupun makan banyak

Gunung Ciherang Sukamakmur Bogor: Kisah Menyenangkan Saat Mendaki Bersama Teman-Teman

7 Januari 2022   02:11 Diperbarui: 7 Januari 2022   02:25 1336

Bogor - Bogor memang memiliki berbagai macam destinasi yang wajib di kunjungi.  Salah satunya yaitu Gunung Ciherang yang terletak di Kecamatan Sukamakmur,  Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Gunung ini sangat cocok bagi para pendaki yang senang dan memiliki hobi mendaki gunung. Karena dengan kita mendaki gunung kita dapat melihat keindahan Bogor dari atas gunung dan dapat menikmati kehidupan dengan menatap keindahan yang ada di depan mata.

Pada Tanggal 3 Desember 2021 lalu saya bersama teman-teman sesama pecinta alam berkunjung ke tempat tersebut guna melakukan materi lapangan. Kami berkumpul di Kampus Unika Atma Jaya, Jakarta dan memulai perjalanan dari lokasi keberangkatan pukul 9 pagi menuju salah satu desa yang berada di daerah Sukamakmur, Bogor.

Pada  pukul 12 siang kami tiba di pertigaan desa tersebut . Sebelum kami melanjutkan perjalanan ke salah satu rumah warga yang berada di desa tersebut kami pun memutuskan untuk makan siang terlebih dahulu.

Singkat cerita kami pun tiba di salah satu rumah warga yang bernama Pak Iwan pukul 1 siang untuk beristirahat sejenak sambil ngobrol dan bercanda tawa bersama teman-teman lainnya. Kami beristirahat sekitar 1 jam. Tepat pukul 2 siang kami pun mulai bersiap untuk mendaki.

Selama pendakian kami sempat beberapa kali berhenti untuk beristirahat sejenak dikarenakan kami sudah merasa kecapekan dan sempat berfikir untuk turun serta tidak ingin mengikuti kegiatan seperti ini lagi.

Memang kebanyakan dari kami adalah pemula yang baru-baru pertama kali naik gunung. Namun itu merupakan hal wajar bagi mereka yang baru pertama kalinya mendaki gunung. Teman-teman yang lainnya juga memberi semangat dan mengatakan "ayolah sedikit lagi ntar kalau udah di puncak udah ga capek lagi kok". Kemudian mereka yang sudah merasa kecapean pun bangun kembali dan melanjutkan pendakian.

Banyak momen-momen menyenangkan terjadi saat pendakian. Dan yang paling berkesan yaitu pada saat teman kami yang sempat mengeluh menjadi terlihat lebih bersemangat karena sudah mulai terbiasa dan menampar salah teman yang sudah kecapean terus bengong. Ada juga yang sampai terpeleset hingga kakinya kram. Hal itu tentu saja hanyalah sebuah candaan yang sangatlah menyenangkan karena dengan melihat teman-teman masih bisa saling bercanda meski sudah merasa lelah.

Akhirnya Kami pun sampai di kaki Gunung Sukamakmur, Bogor  pukul 7 malam. Perjalanan yang kami tempuh untuk sampai ke tempat camp terbilang cukup lama kurang lebih sekitar 4 Jam.  Dan benar saja keluh kesah selama pendakian terbayarkan saat sampai di tempat camp walaupun sudah malam.