Mohon tunggu...
Evi Siregar
Evi Siregar Mohon Tunggu... Dosen - Dosen-peneliti

Bekerja di sebuah universitas negeri di Mexico City.

Selanjutnya

Tutup

Nature Artikel Utama

Kenalkan, Aku Axolotl atau Ajolote, Amfibi Unik dari Meksiko

16 Februari 2022   07:46 Diperbarui: 16 Februari 2022   15:57 1236 19 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ajolote Meksiko | Foto: dokumentasi pribadi

Jenis binatang amfibi yang satu ini mungkin tidak begitu dikenal luas, salah satunya karena populasinya yang sangat kecil. 

Axolotl (baca: a.sho.lo.tel) atau ajolote (baca: a.ho.lo.te), yang dalam bahasa latinnya ambystoma mexicanum, adalah satu jenis amfibi dari keluarga ambystomatidae

Menurut Harvey Pough, genus ambystoma terdiri dari 33 spesies yang bisa ditemukan di wilayah Amerika Utara, mulai dari Alaska barat daya, Kanada selatan, sampai ke dataran tinggi Meksiko.

Di Meksiko sendiri ada 17 spesies, dari genus ambystoma ini, yang tersebar di wilayah bagian timur laut dan tengah negara itu, mereka hidup di danau dan sungai. 

Menurut Gabriela Parra-Olea, dari 17 spesies tersebut, 16 di antaranya endemik, yang mewakili lebih dari 85% dari semua spesies yang ada di Meksiko. 

Dari 16 spesies yang endemik itu, 15 spesies masuk dalam jenis berisiko: tiga di antaranya diklasifikasikan sebagai spesies yang terancam punah dan dua belas lainnya dikategorikan sebagai spesies yang mendapat pelindungan khusus.

Di Meksiko, semua yang termasuk dalam genus ambystoma disebut ajolote. Spesies yang diberi nama ambystoma mexicanum disebut ajolote Meksiko (kadang disebut juga ajolote Xochimilco) adalah spesies yang terdapat wilayah bagian tengah Meksiko. 

Di Mexico City sendiri, ajolote ini bisa ditemukan di danau Xochimilco (baca: so-ci-mil-ko), sebuah daerah di selatan kota; itu sebabnya ia juga diberi nama ajolote Xochimilco.

Ajolote Meksiko |  Foto: dokumentasi pribadi
Ajolote Meksiko |  Foto: dokumentasi pribadi

Nama ajolote (kadang ditulis axolote) berasal dari nama axolotl dalam bahasa Nahuatl (salah satu bahasa daerah di Meksiko) yang artinya 'monster air'. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan