Mohon tunggu...
Evi Siregar
Evi Siregar Mohon Tunggu... Dosen - Dosen-peneliti

Bekerja di sebuah universitas negeri di Mexico City.

Selanjutnya

Tutup

Wisata Artikel Utama

Mengenal Lebih Dekat Machu Picchu dan Kuliner Peru

20 November 2021   07:40 Diperbarui: 21 November 2021   04:34 844 18 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Machu Picchu. Dokumentasi pribadi.

Nama Machu Picchu sudah tak asing lagi bagi kita, terutama setelah diumumkan sebagai salah satu pemenang dalam pemilihan tujuh situs keajaiban dunia (baru/modern) pada tahun 2007. Namun, ada banyak hal yang belum kita ketahui tentang situs ini, dan beberapa hal lain mengenai Peru, termasuk kulinernya.

Setelah Machu Picchu diumumkan sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia, orang-orang berbondong-bondong datang ke Peru untuk mengenal dari dekat tempat ini. Seperti yang lainnya, kita pun bertanya, apa "keajaiban" Machu Picchu?

Mengutip Wikipedia, Machu Picchu --yang dalam bahasa quechua berarti 'gunung tua'-- adalah nama kontemporer yang diberikan pada Llacta, kota Inca Andes tua. Situs ini terletak di Cordillera Oriental, yang menjadi bagian dari barisan pegunungan Andes, di selatan Peru, yang memiliki ketinggian rata-rata 2430 meter di atas permukaan laut. 

Secara administratif, Machu Picchu terletak di kabupatan Cusco, provinsi Urubamba, sekitar 80 kilometer di barat laut kota Cusco.

Machu Picchu. Dokumentasi pribadi.
Machu Picchu. Dokumentasi pribadi.

Dalam banyak informasi disebutkan bahwa Hiram Bingham, seorang sejarawan Amerika adalah penemu Machu Picchu, pada tahun 1911, ketika ia mengepalai tim ekspedisi Universitas Yale untuk sebuah proyek penelitian arkeologis di wilayah Amerika Selatan. Namun, informasi ini dibantah banyak orang, karena Hiram Bingham dipandu oleh Melchor Arteaga, seorang penduduk yang tinggal di kabupaten Cusco. 

Artinya, Alchor Arteaga (baca: orang setempat) sudah tahu tentang Machu Picchu. Akan tetapi, memang benar bahwa Hiram Bingham adalah orang pertama yang melakukan penelitian yang mendalam tentang Machu Picchu (1912-1915) dan dialah yang membawa nama situs ini ke dunia internasional.

Dari pihak pemerintah, disebutkan bahwa Machu Picchu ditemukan Agustin Lizarraga, juga penduduk Cusco, pada tahun 1902. Menurut berita, Hiram Bingham menulis di buku catatannya bahwa Agustin Lizarraga penemu Machu Picchu pada tahun 1902. 

Sementara itu, para sejarawan Peru, seperti Donato Amado Gonzales mengatakan bahwa Machu Picchu tidak pernah menjadi situs yang hilang, sehingga tidak tepat digunakan istilah "ditemukan". Ia juga membantah bahwa Machu Picchu merupakan tempat disemayamkannya Pachacutec, raja Inka yang membuat Inka menjadi salah satu dari tiga imperium besar di benua Amerika (bersama Azteka dan Maya) pada masa pra-Kolumbus.

Bagaimana sejarah Machu Picchu?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan