Mohon tunggu...
Eryani Kusuma Ningrum
Eryani Kusuma Ningrum Mohon Tunggu... Miss eR

Pengajar Sekolah Dasar... Suka jalan-jalan (travelling)... Suka berkhayal lalu ditulis... Suka menjepret apalagi dijepret... kejorabenderang.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Sang Penolak Angin, Bekal Utama Berkemah

14 Agustus 2018   23:56 Diperbarui: 15 Agustus 2018   00:18 0 4 1 Mohon Tunggu...
Sang Penolak Angin, Bekal Utama Berkemah
Tolak Angin Anak untuk Siaga Aktif, dokpri

"Selain peralatan tersebut, jangan lupa membawa tolak angin ya biar gak masuk angin" ujar salah satu Kakak Pembina Pramuka sebagai kata perintah yang selalu mujarab untuk dipatuhi oleh para Ambalan Penggalang muda.

Ya saat acara Persami minggu lalu, saya sebagai pembina penggalang SD Utama memantau kesiapan para ambalan untuk mempersiapkan perkemahan sabtu minggu para penggalang muda. Dengan semangat 45, Pembina muda mengarahkan penggalang muda yang akan dilantik menjadi ramu dan rakit untuk mempersiapkan acara persami dengan bekal pribadi. Antara lain dengan obat-obatan pribadi yang memang harus dibawa sendiri. Entah mengapa ingatan saya terulang bertahun -- tahun silam dimana posisi saya masih menjadi adik pramuka yang manis dan selalu mematuhi perintah kakak pembina dengan baik. Salah satunya dengan bekal "Sang Penolak Angin".

Seperti sugesti tersendiri apabila sang rembulan manis menampakkan diri usai sholat isya, kami semua diperintahkan untuk meneguk sang penolak angin dengan teh manis hangat yang memang mampu menghangatkan tubuh. Entah mengapa setelah meneguk tegukan manis, rasa hangat seketika menyerang di dalam tubuh sehingga menyelimuti tubuh dari dinginnya angin malam. Tak hanya itu, saya merasa semangat membara senyala api unggun yang berkobar dengan nyanyian ceria.

Varian Tolak Angin Sido Muncul, dokpri
Varian Tolak Angin Sido Muncul, dokpri
Perlu kita ketahui, masuk angin dapat menyerang siapa saja apalagi jika beraktivitas diluar ruangan pada malam hari. Masuk angin dapat menyebabkan tubuh menjadi lemah dan mudah untuk terserang flu bahkan sampai sakit kepala. Jadi sebelum hal itu menyerang, maka sebaiknya kita menghalaunya dengan sang Penolak Angin Sido Muncul yang praktis dibawa kemana-mana.

Selain menghalau datangnya angin, Tolak Angin Sido Muncul yang berdiri sejak 1951 juga dapat mengobati diare, meredakan batuk, menghilangkan mual atau gangguan pencernaan, dan mengatasi mabuk dalam perjalanan. Mengandung ekstrak zat aktif tanaman obat sehingga menjadi obat atau jamu herbal yang aman dikonsumsi. Cara mengkonsumsinya juga sangat mudah, tinggal sobek bagian pinggir dan langsung diminum. Lebih nikmat apabila bersamaan dengan air atau teh hangat. Namun sebaiknya jika sudah terkena masuk angin, Tolak Angin Sido Muncul dapat dikonsumsi setelah makan.

Varian terbaru untuk anak yaitu Tolak Angin Anak yang diformulasikan khusus untuk anak-anak. Tolak Angin Anak pun dapat membantu segala kerepotan anak-anak dalam perjalanan jauh untuk menghindari pusing dan mual. Begitu juga dengan persiapan Siaga yang turut mengikuti jalannya upacara Persami namun tak sampai malam. Para orang tua sudah membekali mereka dengan Tolak Angin Anak agar semangat mengikuti seremonial Persami, tidak mudah lelah dan tentunya tidak mudah masuk angin. Kalau saya tentunya selalu mengantongi si Penolak Angin Sido Muncul yang selalu ada, kapan saja dan dimana saja.

Orang Pintar Tentu Pilih Tolak Angin Sido Muncul, begitu juga dengan kami para Pembina Utama.

Tolak Angin Sido Muncul, dokpri
Tolak Angin Sido Muncul, dokpri

KONTEN MENARIK LAINNYA
x