Mohon tunggu...
Erva Linawati
Erva Linawati Mohon Tunggu... Cca'03

Just for task

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Ibu Hamil Konsumsi Buah Nanas, Boleh Apa Tidak Ya?

2 Desember 2020   13:42 Diperbarui: 2 Desember 2020   13:47 14 1 0 Mohon Tunggu...

           Ibu hamil konsumsi buah nanas ? Sebenernya boleh apa enggak sih. Katanya sih nggak boleh, nanti dikhawatirkan bisa menyebabkan keguguran. Memang benar ya seperti itu ? Sebenarnya mitos atau fakta sih ? Yuk disimak penjelasan berikut.

           Akibat ulasan seperti itu banyak ibu hamil yang tidak berani mengonsumsi buah nanas karena khawatir akan kehamilan dan bayi yang dikandungnya. Padahal buah nanas banyak mengandung zat gizi antara lain vitamin A, kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dekstrosa, sukrosa, serta enzim bromelin yang merupakan 95% campuran protease sistein, yang dapat menghidrolisis protein.

           Untuk saat ini belum ada penelitian secara ilmiah mengenai buah nanas yang berbahaya bagi kehamilan. Akibat mitos yang beredar bahwa buah nanas berbahaya bagi kehamilan itu disebabkan adanya zat bromelin. Tetapi zat bromelin yang ada pada nanas sangat kecil, sehingga jika mengonsumsi nanas dengan batas wajar tidak akan menimbulkan keguguran.

          Meskipun aman bagi ibu hamil, tetapi konsumsi nanas juga ada batasnya ya. Berdasarkan ilmu yang saya dapatkan selama kuliah, dosen saya yang ahli gizi mengatakan "ibu hamil yang ingin mengonsumsi nanas maksimal 1 hari hanya 10 gram nanas saja. Jika lebih dari itu maka rasa asam yang ada pada nanas akan menimbulkan rasa panas yang jika pengonsumsi (ibu hamil) tidak kuat dengan rasa panas akan mengalami keguguran". Jadi ibu hamil boleh saja mengonsumsi nanas, asalkan tidak berlebihan ya. Jika masih ragu boleh dikonsultasikan dengan dokter kandungan terlebih dahulu. 

Sumber : Silaban, Irfan., Rahmanisa, S. 2016. Pengaruh Enzim Bromelin Buah Nanas Terhadap Awal Kehamilan. Universitas Lampung.

Nama : Erva Riafinola L.

NIM/Prodi : 2330019019/S1 Gizi

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

VIDEO PILIHAN