Mohon tunggu...
Ersya FadhilaDamayanti
Ersya FadhilaDamayanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Content Writer

Lactose and caffeine in the morning, with a pen to write.

Selanjutnya

Tutup

Home Pilihan

Cara Memilih Cat untuk Pagar Rumah agar Tidak Cepat Berkarat

28 Oktober 2022   15:35 Diperbarui: 28 Oktober 2022   16:41 842
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saat berbicara bangunan rumah, pagar merupakan salah satu komponen penting. Material pagar pun beragam, ada yang berbahan dasar kayu, aluminium, hingga besi. Cara perawatan setiap material tersebut pun berbeda. 

Untuk pemakaian jangka panjang, tak jarang orang lebih mempertimbangkan untuk menggunakan pagar berbahan dasar besi. Supaya tampilan rumah semakin menawan, anda bisa memoles pagar besi menggunakan cat dengan warna yang sesuai.

Baca Juga: Ciri Cat Anti Karat Pagar Besi untuk Jangka Panjang 

Selain unsur estetikanya, anda juga harus memerhatikan daya tahan konstriksi rumah, tak terkecuali pagar. Agar semakin awet, salah satu hal yang bisa anda lakukan adalah dengan mengecatnya menggunakan cat anti karat.

Fungsinya, pagar besi bisa lebih tahan lama ketika terpapar sinar matahari dan cuaca ekstrem. Lalu, bagaimana cara memilih cat anti karat yang bagus untuk pagar besi hunianmu? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Cara Memilih Cat Pagar Besi untuk Rumah

Memilih cat pagar untuk hunianmu tidak boleh sembarangan. Pasalnya, semakin berkualitas cat yang digunakan, maka akan semakin tahan lama pula usia pagar. Selain itu, cat anti karat juga bisa mengindari penyakit tetanus yang menyerang sistem imunitas tubuh.

Supaya pagar semakin estetik dan terhindar dari karat, ada baiknya anda memilah cat yang akan digunakan nantinya. Berikut beberapa cara memilih cat pagar besi anti karat yang patut anda perhatikan.

1. Pilih cat dengan bahan chemical based

Bahan chemical based pada cat besi adalah faktor pertama yang harus anda pertimbangkan sebelum menentukan pilihan cat pagar. Jenis kandungan ini memiliki beberapa keunggulan, seperti tahan lama dan berdaya tahan kuat

Tak hanya itu, cat dengan bahan ini ideal untuk dijadikan pelapis pagar besi bangunan outdoor. Sebab, cat pagar dengan kandungan ini mengeluarkan bau yang tak akan mengganggu apabila digunakan di area luar ruangan.

Jika anda ingin mengaplikasikan cat ini di dalam ruangan, jangan lupa untuk mempertimbangkan sirkulasi udara. Pasalnya, bau dari cat ini bisa mengganggu anggota keluarga sehingga anda perlu menyediakan sirkulasi yang baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Home Selengkapnya
Lihat Home Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun