Mohon tunggu...
ersa mayori
ersa mayori Mohon Tunggu... Indonesia

Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Bersama Mencegah Penyebaran Covid-19 KKN UNS Dusun Tukringin

1 Juli 2020   12:27 Diperbarui: 1 Juli 2020   16:36 10 0 0 Mohon Tunggu...

Dampak Covid-19 secara merata mempengaruhi sendi-sendi kehidupan masyarakat pada bidang kesehatan, pendidikan integrasi sosial, maupun sektor produksi. Dampak tersebut tidak menghalangi bagi kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). Bila kegiatan pendidikan dan pengajaran dilakukan secara daring atau virtual, begitu pun dengan kegiatan kuliah kerja nyata. Selama ini kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mengharuskan mahasiswa berbaur dengan warga, namun dimasa pendemi ini, mereka diharuskan melaksanakan kegiatan secara online dan individu di desa asal mahasiswa. Namun, sesekali mereka turun langsung ke warga dengan membagikan bantuan berupa masker.

Ersa Mayori dari Prodi Pendidikan Luar Biasa melaksanakan kegiatan KKN Tematik di  Dusun Tukringin Rt.01 Bangsri Kec.Karangpandan Kab.Karanganyar di bawah bimbingan Bapak Dr.sc.agr. Adi Ratriyanto, S.Pt, M.P. Kegiatan KKN ini berlangsung selama kurang lebih 45 hari. Tema KKN yang dilaksanakan adalah Supporting Pemahaman Masyarakat dengan dua program utama yaitu pemahaman Covid-19 dan pencegahan penyebaran Covid-19 dilingkungan. Pada kegiatan pemahaman dilakukan dengan penyebaran poster melalui media Grup Chat terkait Covid-19 dan penyuluhan pembuatan masker melalui Video serta pembagian masker bagi warga yang kurang mampu dan warga yang belum dapat menerapkan pemakaian masker ketika keluar rumah. Pada kegiatan pencegahan penyebaran virus dilakukan dengan pembuatan dan penyemprotan disinfektan yang bekerjasama dengan Pemuda Karangtaruna, penyemprotan dilakukan dilingkungan satu Rw.

Dengan dilakukan kegiatan tersebut terdapat perubahan yang sangat tampak yaitu warga mulai memakai masker ketika keluar rumah dan lebih menerapkan phsyical distancing. Dalam tingkat RW dilaksanakan penjagaan jalan masuk Dusun untuk mendata warga yang keluar masuk kampung serta penyemprotan Handsinitizer dan disinfektan bagi warganya yang keluar masuk kampung. Selain itu, warga juga lebih sadar akan kebersihan lingkungan sekitar.

VIDEO PILIHAN