Mohon tunggu...
Erni Wardhani
Erni Wardhani Mohon Tunggu... Guru - Guru, penulis konten kreator (Youtube, Tiktok), EO

Guru SMKN I Cianjur, Tiktok, Youtube, Facebook: Erni Wardhani Instagram: Erni Berkata dan Erni Wardhani. Selain itu, saya adalah seorang EO, Koordinator diklat kepala perpustakaan se-Indonesia, sekretaris bidang pendidikan Jabar Bergerak Provinsi, Pengurus Komunitas Pengajar Penulis Jawa Barat, Pengurus Komunitas Pegiat Literasi Jawa Barat, Pengurus IGI kabupaten Cianjur, sekretaris Forum Kabupaten Cianjur Sehat, Founder Indonesia Berbagi, Tim pengembang Pendidikan Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Provinsi Jawa Barat, Humas KPAID Kabupaten Cianjur.

Selanjutnya

Tutup

Financial Artikel Utama

Wow! Uang Kertas Baru Emisi 2022 Cantik Semua, Begini Cara Mendapatkannya

19 Agustus 2022   20:31 Diperbarui: 22 Agustus 2022   00:15 5664 50 21
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Penampakan 7 pecahan uang rupiah kertas tahun emisi 2022 yang berlaku mulai 17 Agustus 2022. (sumber: YouTube Bank Indonesia via kompas.com)

Pemerintah dan Bank Indonesia (BI) akhirnya meluncurkan juga uang kertas baru emisi 2022. Selain berdasarkan atas evaluasi dari uang emisi di tahun 2016.

Juga, berdasarkan masukan dan keluhan dari masyarakat luas, sehingga uang kertas baru didesain agar lebih mudah dikenali, juga kemanannya lebih ditingkatkan sehingga sangat sulit untuk dipalsukan dengan masa edar yang lebih lama.

Perbedaan Desain

Suatu hari saya duduk di sebuah kursi yang menyerupai halte mini. Saat itu saya sedang menunggu angkutan kota. Tiba-tiba dari arah samping muncul seorang Wanita paruh baya dan mengulurkan tangannya. 

Saya pandangi fisiknya, terlihat sehat dan masih segar. Karena Wanita tersebut terus mengulurkan tangannya, saya pun memberikan uang dua ribuan. 

Ya memang tidak banyak, karena saya tidak mau membiasakan diri memberi pengemis uang yang banyak, kecuali kalau pengemis itu memang terlihat membutuhkan dan kondisinya bener-benar tidak berdaya. 

Bukan apa-apa, sekarang banyak sekali orang yang menjadikan mengemis itu sebagai profesi. Bahkan gilanya, mereka mampu meraup uang yang sangat banyak dalam satu hari. Bisa melebihi gaji para pegawai.

Oleh karena itu saya berinisiatif memberi uang hanya dua ribu rupiah saja. Tanpa disangka-sangka, Wanita tersebut menaruh uang di atas kepalanya seakan-akan saya memberinya uang yang banyak. 

Saya lantas mengingat, apakah saya salah memberi uang yang dua puluh ribu, atau tidak. Ketika saya rogoh saku, ternyata uang yang dua puluh ribu masih aman di dalam saku baju. 

Mungkin pengemis tadi memang benar-benar mengucapkan rasa terima kasihnya, namun bisa jadi juga dia menganggap saya sudah memberinya uang dua puluh ribu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan