Mohon tunggu...
Erna NurvitaSari
Erna NurvitaSari Mohon Tunggu... Mahasiswi

“ Hidup adalah pilihan, apapun yang membuatmu sedih maka tinggalkan. Dan apapun yang membuatmu bahagia maka pertahankan”

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Filsafat Pendidikan (Aliran Idealisme beserta Tokoh-Tokohnya)

31 Maret 2020   20:42 Diperbarui: 10 April 2020   17:57 52 3 1 Mohon Tunggu...

Assalamualikum Wr. Wb

Saya akan menjelaskan dari pengetahuan atau pemahaman saya tentang aliran idealisme beserta para tokohnya.

Semoga bermanfaat. 

A. Aliran idealisme 

Idealisme berasal dari bahasa Latin yaitu "idea". Yang memiliki arti ide, gagasan atau pikiran. Atau bisa diartikan sebagai sesuatu yang hadir di dalam jiwa. Idealisme merupakan suatu aliran filsafat yang mempunyai pandangan bahwa hakikat segala sesuatu terletak pada ide. 

Di dalam sebuah pendidikan idealisme merupakan suatu aliran yang sangat berkontribusi yang sangat besar dalam kemajuan ilmu pendidikan. Hal tersebut dapat dilihat pada metode dan kurikulum yang digunakan. Metode yang digunakan pada aliran ini yaitu metode dialektik. Serta kurikulum yang digunakan dalam aliran ini yaitu pengembangan kemampuan berfikir dan keterampilan kerja melalui pendidikan praktis. Evaluasi yang digunakan dalam aliran ini yaitu menggunakan esai yang dimana esai ini dinilai sangat efektif dalam proses pembelajaran serta dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam mengerjakan soal. 

Idealisme sangat penting dalam dunia pendidikan karena meletakkan manusia atau peserta didik sebagai subjek yang memiliki pengetahuan yang tersimpan pada dirinya, baik pengetahuan umum ataupun pengetahuan agama. Aliran ini dapat mengembangkan pemikiran peserta didik sehingga peserta didik mampu dalam menggunakan pikirannya dengan baik.

B. Tokoh-Tokoh Aliran Idealisme 

1) Plato, ia lahir pada tahun 427 SM. Plato merupakan pencetus filsafat idealisme. Menurut plato hakikat segala sesuatu yang ada yaitu ide. Plato berpendapat bahwa kebenaran tidak dapat ditemukan pada dunia nyata, karena dunia nyata selalu mengalami perubahan. Yang artinya dunia materi bukanlah dunia yang sebenarnya, tetapi merupakan ilusi yang diperoleh panca indra. Oleh karena itu yang paling utama menurut plato adalah dunia ide. 

2) Elea, sebuah madzhab yang mengajarkan bahwa yang ada itu satu. Yang artinya apa yang tampak oleh panca indra itu bukan sebenarnya melainkan rupanya saja.  Dunia indrawi dikenal melalui panca indra dan dunia ide dikenal melalui akal manusia. 

3) Hegel, ia lahir pada tanggal 27 agustus 1970. Menurut Hegel idealisme adalah pengakuan bahwa yang terbatas tidak memiliki eksistensi yang sebenarnya. Hegel memunculkan metode dialektika yaitu tesis, antitesis, dan sintesis. Metode ini menyatakan bahwa setiap pemikiran manusia itu berbeda-beda. Moralitas tertinggi di semesta ini yaitu ucapan dan tindakan. Contohnya pada era milenial yaitu pada moral seseorang yang bisa dilihat dari percakapan status WA 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN