Mohon tunggu...
KKN Tematik Kelompok 47
KKN Tematik Kelompok 47 Mohon Tunggu... Mahasiswa - UPN Veteran Jawa Timur

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Tingkatkan Kualitas Produk Unggulan UMKM di Wilayah Dukuh Pakis, Mahasiswa KKN-T 47 Berkontribusi Melalui Rebranding

16 Juni 2022   07:46 Diperbarui: 16 Juni 2022   08:17 191
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan rebranding adalah salah satu program kerja yang dirancang mahasiswa KKN-T 47 UPN "Veteran" Jawa Timur bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk UMKM di Kelurahan Dukuh Pakis.

Rebranding sendiri berasal dari kata Re yang berarti "kembali" dan Branding yang bermakna "penciptaan brand image" secara mendasar menuju kondisi yang lebih baik. Rebranding merupakan upaya yang dilakukan untuk mengubah total atau memperbaharui sebuah brand yang telah ada agar menjadi lebih baik dengan tidak mengabaikan tujuan awal, yaitu berorientasi profit.

Pendampingan Rebranding Pada Usaha Java Kokedama Soerabaja Kelurahan Dukuh Pakis" dilaksanakan pada tanggal 23 Mei 2022 di wilayah Kelurahan Dukuh Pakis. Kegiatan tersebut diawali dengan tahapan observasi melalui data beberapa UMKM yang berkembang di Dukuh Pakis. Alasan kelompok KKN-T 47 memilih produk kokedama dikarenakan produk tersebut merupakan salah satu UMKM yang berpotensi tinggi untuk dikembangkan.

Berdasarkan data observasi dan wawancara dengan salah satu pelaku usaha yaitu Bapak Ruba'i dengan istrinya permasalahan dari produk adalah kurang luasnya pemasaran di media sosial, desain yang kurang menarik seperti logo yang digunakan, price tag, dan kartu nama. Oleh karena itu dari permasalahan tersebut kami berinisiatif membantu memperbaiki dari desain sebelumnya. 

Dokpri
Dokpri

Dengan memperbaiki kemasan produk, hal ini bermanfaat agar suatu produk usaha dapat dikenali identitas bisnis tersebut dari logo,price tag, kartu nama kualitas, dan sebagainya. Kemasan yang menarik dapat menjadikan ciri khas dari produk yang membedakan dengan produk lainnya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan kelompok UMKM yang ada di Kelurahan Dukuh Pakis dapat terus berkembang, produk dapat dikenal oleh masyarakat luas, dapat meningkatkan nilai jual dari masing -- masing produk UMKM. Harapan kami, rebranding ini dapat membangun kembali semangat para pelaku UMKM.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun