Mohon tunggu...
Erlangga Wijaya
Erlangga Wijaya Mohon Tunggu... Penulis muda yang aktif di media sosial

Muda, Karya dan Kaya

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mau Lulus SBMPTN? Jangan Asal Pilih Tryout

1 Februari 2020   20:29 Diperbarui: 2 Februari 2020   09:32 114 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mau Lulus SBMPTN? Jangan Asal Pilih Tryout
c78e2e11-0732-4ed4-9a5b-d5098e30274b-5e3634a8d541df372536f925.jpeg

Berdasarkan pengalaman pribadi saya, banyak orang yang masih menanyakan tentang "Penting gak sih ikut tryout agar bisa lulus SBMPTN?" jawabannya sederhana dan tidak sama untuk semua orang. Jadi teragantung kepada siapa jawaban itu ditunjukkan. Bagi kamu yang sudah merasa percaya diri bisa lulus SBMPTN tanpa ikut tryout, tentu jawabannya tidak penting. Toh pada dasarnya kamu sudah yakin kalau kamu bisa lulus SBMPTN.


Jadi tidak perlu lagi ikut tryout. Namun, jika di kemudian hari ternyata kamu tidak lulus, kamu tidak boleh menyalahkan siapa-siapa, itu semua kesalahanmu. Karena bicara ujian SBMPTN bukan hanya sekadar bicara kemampuanmu untuk menjawab soal, tapi lebih daripada itu.

Tetapi bagi kamu yang merasa belum percaya diri mampu menyelesaikan soal SBMPTN, maka tidak ada salahnya kamu mengikuti Tryout. Kenapa? Sebagaimana yang saya sampaikan di awal, bahwa mengerjakan soal SBMPTN bukan hanya masalah kecerdasanmu tapi juga maslaah penguasaan dirimu sendiri. Berikut beberapa hal yang kamu dapatkan apabila kamu mengikuti tryout untuk persiapan SBMPTN 2020.

1. Untuk Mengukur Kemampuan diri

Pertanyaan sederhananya adalah dengan apa kamu mengukur kemampuanmu agar bisa lulus SBMPTN? Sudah pasti jawabannya dengan mengerjakan soal yang kamu dapatkan dalam tryout. Seberapa besar kemampuanmu dalam menguasai materi untuk persiapan SBMPTN? Melalui skor yang kamu peroleh, kamu jadi bisa tahu kelebihanmu dan juga kelemahanmu dalam mengerjakan soal. Materi apa yang belum kamu kuasai dan materi mana yang sudah kamu kuasai.

2. Mengevaluasi Belajar

Setelah kamu mengetahui kelebihan dan kelemahanmu maka kamu bisa menyusun ulang program belajarmu dalam menghadapi SBMPTN. Untuk apa kamu terus-terusan belajar pada soal bagian, ternyata kamu sudah menguasainya. Sementara itu pada soal bagian B, kamu lemah sama sekali. Ini akan jadi bumerang bagimu kedepannya dan bisa dipastikan kamu sulit untuk bisa lulus SBMPTN.

3. Mengatur Waktu

Nah tidak yang tidak kalah pentingnya. Pengerjaan Soal SBMPTN sebagaimana yang kamu ketahui dikerjakan dengan sistem pembatasan waktu. Jadi kamu dipaksa untuk mengatur waktu pengerjaanmu sebaik mungkin, agar semua soal dapat kamu kerjakan dengan baik dan benar. Oleh karena itu disinilah pentingnya mengikuti tryout. Agar kamu terbiasa mengatru waktumu.

4. Menambah Referensi Soal

Dengan mengikuti beberapa kali tryout tentunya kamu bisa belajar memperkirakan bentuk soal yang akan diujikan nanti.  Selain mampu menambah referensi soal, dengan mengikuti tryout kamu juga bisa menambah pengalaman dalam mempersiapkan diri menjelang ujian SBMPTN 2020. jadi, kamu gak harus pusing cari-cari soal yang relevan dengan soal SBMPTN, karena pembuatan soal-soal tryout tentunya disesuaikan dengan prediksi soal SBMPTN yang akan datang.

Nah, terakhir yang sangat penting adalah tempat atau lembaga yang mengadakan tryout yang kamu pilih. Prinsipinya jangan asal pilih tryout. Penting bagi kamu untuk memilih tryout berkualitas dan terpercaya. Sekali lagi, jangan asal pilih tryout jika kamu mau lulus SBMPTN.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x