Mohon tunggu...
Erina Friesca Ariana
Erina Friesca Ariana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Belajar

Sedikit tapi bermanfaat.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Ikigai, Bahagia Versi Orang Jepang

11 September 2021   19:39 Diperbarui: 11 September 2021   19:44 123 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ikigai, Bahagia Versi Orang Jepang
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Pernah tidak kamu merasa jenuh dengan kehidupan?. "Mengapa tidak sesuai dengan rencana ya?  Ingin A tapi yang terjadi malah B. Sebenarnya apa yang harus saya lakukan sebenarnya? Ini apa? Sepertinya bukan saya banget di sini" tanya sesorang kepada dirinya sendiri dengan keadaan yang lumayan pasrah. Sebenarnya sesuatu tersebut pasti pernah dialami oleh manusia

Tahu orang Jepang ya? Salah satu negara yang maju yang karyanya banyak tersebar di Indonesia juga. Orang disana memilikiprinsip sukses yang dinamakan Ikigai. Ikigai () merupakan istilah dari bahasa Jepang untuk mendeskripsikan kesenangan dan makna kehidupan. 

Secara harfiah, kata Ikigai berasal dari kata "iki" yang artinya kehidupan dan "gai" yang artinya nilai, sehingga Ikigai dapat berarti sebagau alasan kita hidup, menjalani hidup mulai bangun pagi. 

Ikigai adalah suatu prinsip seseorang dalam mencari makna kehidupannya terlebih pada tujuan hidup manusia. Ikigai memuat bagaimana cara menjawab apa yang kamu cintai, apa yang kamu kuasai, apa yang dunia butuhkan, dan apa yang membuatmu bisa dibayar.

 Ya, maka dari itu fokuskanlah mencari Ikigai dalam hidup masing-masing.  Setiap orang memiliki Ikigai-nya masing masing, jadi tidak mungkin sama dengan orang lain. Tidak lama mencarinya, kamu bisa menjawab pertanyaan berikut:

1. Passion : What You Love

Apa yang kamu cintai?. . Menurut Pak Bangun, ketika melakukan diskusi via google meet dahulu. Ikigai adalah sesuatu yang kita lakukan itu secara tidak sadar kita suka melakukan sesuatu tersebut secara berulang-ulang dan tanpa ada rasa menggajal di hati, alias suka/selalu melakukan hal tersebut terasa ringan dan ikhlas sekali. 

Semisal orang ingin bahagia, ia melakukan hal-hal sederhana seperti bangun pagi, tersenyum, bersosialisi dan tidak mudah marah. Semua yang dilakukannya tanpa sadar juga membuka peluang sukses untuk bahagia. 

Passion diartikan sebagai suatu yang kita gemar melakukannya. Perasaan bahagia dan semangat tumbuh seketika ketika melakukannya. Bisa dari hobi maupun kebiasaan baik yang menunjang kamu.

2. Profession : What You Are Good at ...

Apa yang kamu kuasai?. Kita merasa ahli di bagian tertentu, tentunya profesi ini harus sesuai dengan apa yang dicita-citakan tadi. Kalau tidak sesuai dengan cita-cita berarti mungkin profesinya kurang cocok dengan kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan