Mohon tunggu...
Erik Tapan
Erik Tapan Mohon Tunggu... Social Media Health Consultant

Sebagai seorang Health Consultant, saya akan berusaha memberi solusi terbaik (efisien, efektif & aman) bagi klien yang kebetulan mengalami ketidakberuntungan dengan kesehatannya. Pengalaman saya dlm bidang kedokteran, farmasi/obat2an, herbal, terapi alternatif / energi, internet dan social media. Topik yang sering ditangani: anti aging, masalah ginjal, penyakit degeneratif, lansia, dll. Silakan kontak saya untuk memperoleh waktu diskusi.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Keren, USG-nya Mungil Banget

11 Agustus 2019   12:33 Diperbarui: 11 Agustus 2019   17:16 0 1 1 Mohon Tunggu...
Keren, USG-nya Mungil Banget
Pasien sedang di-USG. Dokumentasi Pribadi.

Teman-teman pecinta  gadget dan kesehatan, ada info baru nih.
Secara tidak sengaja saat diundang pada acara Indonesian Kidney Care Club (IKCC), saya menyaksikan bagaimana dr Ronald SpBTKV (spesialis Bedah Toraks, Kardiovaskuler) memeriksa cimino pasien-pasien hemodialisis. Seperti diketahui salah satu hal yang perlu dijaga dengan baik pada pasien-pasien yang menjalani hemodialisis adalah akses keluar dan masuk darah dari mesin cuci darah yang dikenal dengan sebutan cimino.

Bayangkan dengan alat USG yang hanya sebesar alat cukur kumis, seorang dokter ahli bisa memeriksa kondisi cimino pasien. Hasilnya secara live bisa disaksikan via IPad secara wireless. Benar-benar canggih.

Selain untuk cimino, menurut dokter yang berpraktik di RS Gading Pluit tersebut, pemeriksaan USG tersebut bisa juga untuk pasien-pasien Diabetes / Kencing Manis, Varises hingga Deep Vein Thrombosis (DVT).

Keren banget.....

KONTEN MENARIK LAINNYA
x