Mohon tunggu...
Erika Maulidya Putri
Erika Maulidya Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

I am a very responsible individual, responsive, and highly value time. I am very responsible for the tasks given, both groups, individuals, and organizations. I am also looking for good opportunities in the field of writing and livestock companies in Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Seorang Penulis yang Mencari Kalimat Pertama

9 Agustus 2022   09:24 Diperbarui: 9 Agustus 2022   09:28 74
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sampul Buku 1 - Dok. pribadi

Sampul Buku 2 - Dok. pribadi
Sampul Buku 2 - Dok. pribadi

Sampul Buku 3 - Dok. pribadi
Sampul Buku 3 - Dok. pribadi

Membaca dan menulis, khususnya cerita pendek dan puisi adalah hobiku sejak tahun 2008, yaitu ketika usiaku menginjak 6 tahun. Kegemaran itu berlanjut saat memasuki bangku SMP, di mana aku mulai gencar mengikuti banyak perlombaan seperti penulisan cerpen dan puisi, juga pembacaan puisi. Namun, dalam perjalanan mengikuti lomba-lomba tersebut, seringkali tidak berjalan lancar sehingga menurunkan tingkat kepercayaan diriku.

Rasa percaya diri yang menurun ini juga dipengaruhi oleh kurangnya dukungan dari orang tua jika aku menggeluti dunia tulis menulis. Hal itu membuatku semakin dilema, apakah hobi yang kugeluti ini benar-benar bisa menjadi profesi yang memumpuni di masa depan nanti? 

Tahun 2017, saat aku sedang meluangkan waktu mengakses informasi di media sosial instagram. Tanpa sengaja aku menemukan sebuah akun literasi bernama Indowriters. Pada saat itu, akun tersebut sedang membuka kesempatan bagi para penulis untuk bergabung dalam proyek penulisan buku antologi cerpen. Melihat peluang ini, tentu saja aku tidak mau menyianyiakannya dan justru semakin tertantang untuk kembali menulis setelah sekian lama terpuruk.  

Selama pengerjaan proyek buku pertama, aku dipertemukan dengan orang-orang yang memiliki minat dan kegemaran yang sama. Sehingga, aku semakin memiliki banyak relasi. Salah satunya, aku bisa mengenal Kak Indira. Dia cukup banyak membantuku dalam proses penulisan dan penjualan yang Alhamdulillah ... mencapai 20 eksemplar. Kesuksesan proyek pertama, membuatku semakin antusias dan berambisi mengikuti proyek buku kedua dan ketiga. Semuanya berjalan lancar.

Pada tahun 2022, aku mengikuti magang di Onlenkan sebagai Copywriter. Di posisi tersebut aku banyak belajar dengan Mas Gamma dan Mbak Eka mengenai copywriting di pembuatan website, personal branding, dan menulis belasan artikel di Kompasiana.com.

Sejak mengenal dunia copywriting, aku mulai aktif mengikuti webinar Mas Raharja tentang dunia copywriting dan mengikuti banyak kelas copywriting di toba.ai, dinotis, dan lain sebagainya.

Perjalanan yang bermula dari hobi sampai pernah berada di titik terpuruk, aku akhirnya dapat mengambil banyak pelajaran bahwa jangan pernah menyerah, harus selalu percaya diri, percaya mimpi, dan percaya pada proses.

"Tidak ada orang yang sengaja membaca iklan. Orang-orang membaca apa yang menarik bagi mereka dan terkadang itu sebuah iklan." -- Howard Gossage

Ingin tahu tips dan cerita selanjutnya mengenai dunia copywriting? Follow akun Erika Maulidya Putri, ya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun