Mohon tunggu...
Erik Agus Yudistira Nugraha
Erik Agus Yudistira Nugraha Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Muhammadiyah Malang

Ilmu Komunikasi Erik Agus Yudistira Nugraha (202010040311085)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Media Sosial dan Pembentukan Karakter Remaja

19 Mei 2022   15:05 Diperbarui: 19 Mei 2022   15:10 160 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Media Sosial Dan Pembentukan Karakter Remaja

Perekembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah kehidupan manusia. Salah satu tanda berekembangnya teknologi informasi dan komunikasi adalah adanya internet. Kehadiran internet memberikan kemudahan bagi penggunanya. Informasi yang diakses dipereoleh dari berbagai Negara di penjuru dunia. 

Kehidupan manusia terasa tidak memiliki batas waktu, ruang dan penggunaanya yang dapat diakses dimanapun, siapapun, dan kapanpun. Salah satu contoh keberadaan internet adalah dengan munculnya media sosial.

Media sosial adalah sesuatu yang sangat penting di zaman modern ini, semua orang sangat membutuhkan media sosial. Manfaat media sosial sangat bermacam-macam. Salah Satunya adalah untuk menjalin hubungan sosial melalui internet. Melalui media sosial ini muncul banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi jarak jauh yakni Facebook, nstagram, WhatsApp dan lain-lain. 

Aplikasi tersebut sudah menjadi teman akrab, bahkan melebihi keakraban kita dengang teman dalam arti fisik. Artinya, hidup di zaman ini, hal yang tidak bisa dipungkiri adalah orang hidup dalam dan dengan media sosial, apapupun platform  yang di pilih. Pengaruh media sosial begitu luas, tidak saja pada orang dewasa, remaja, anak-anak pun sekarang tidak luput dari pengaruhnya.

 Sebagai sumber informasi media sosial menyediakan berbagai hal yang dibutuhkan manusia dalam relasinya dengan orang lain. Mulai dari sekedar pengembangan hobi, misalnya memasak, menanam, ,mengunggah foto, bertukar pesan, mengganti status, dan lain-lain, sampai kepada proses pengembangan diri lewat akses ilmu pengetahuan, cara belajar, cara kerja, cara menghadapi orang lain, semua terseida di media sosial. 

Media sosial memang sudah menjadi ruang public, ruang dimana segala hal dapat dipertukarkan dan dimaknai. ruang yang mampu mengubah hidup dan cara hidup manusia modern, termasuk kalangan remaja. Berkat infrastruktur jaringan internet segala hal dengan mudah dapat diakses, mudah terhubung satu sama lain, tanpa batas ruang dan waktu.

Komunikasi antar sahabat dengan mudah terhubungkan, dan bahkan proses mendapatkan sahabat pun dengan mudah dinbuatnya. Dengan kata lain media sosial memudahkan segala hal. Pertanyaanya apakah karakteristik media sosial yang mudah dipakai tanpa batas ruang dan waktu adalah sebuah keuntungan atau malah sebaliknya menjadi petaka dalam pembentukan karakter remaja?

Karakter adalah akar kata dari bahasa latin yang berarti dipahat. Kehidupan setiap individu manusia itu seperti pisau, bila diasah dengan  hati-hati akan menjadi tajam sehingga dapat memotong apapun dan menjadi suatu karya yang menganggumkan. 

Sama halnya dengan karakter remaja, apabila bimbingan orang tua dan sekolah mengarahkan dan membentuk karakternya dengan penuh hati-hati serta dengan cara yang tepat maka akan menghasilkan karakter remaja yang baik. Hasil yang dari pembentukan secara hati-hati dan tepat oleh orang tua dan sekolah akan terlihat sangat jelas. 

Perubahan tersebut cenderung lebih kepada pengaruh negatif dari media sosial. Dari beberapa penelitian yang didapatkan sebagai sumber data opini yang valid ini, dapat sebuah benang merah bahwa pengaruh media sosial sangat buruk dan hanya sedikit saja yang positif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan