Mohon tunggu...
Erica AuliaWidiani
Erica AuliaWidiani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Writer - Content Creator - Businesswoman

Nama Lengkap : Erica Aulia Widiani | Seorang mahasiswa, menyukai tulis menulis dan diri sendiri.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Self Esteem di Era Digital: Memahami Dampak Sosial Media

8 November 2023   11:52 Diperbarui: 8 November 2023   12:08 93
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
IlIustasi: from pixabay.com

Self esteem merupakan bagian dari kesehatan mental. Pada saat ini, self esteem telah menjadi sorotan penting di mana kita semakin terhubung melalui media sosial. Lalu bagaimana dampak sosial media terhadap self esteem? Apakah itu dapat membangun self esteem atau malah merusak? Pada artikel kali ini, kita akan mengeksplorasi dampak dari sosial media pada self esteem dan bagaimana kita dapat memahami pengaruhnya dalam era digital ini.

Menurut Tambunan (2001), self esteem adalah sikap individu dalam penilaian dirinya sendiri yang diungkapkan dalam sikap positif maupun negatif. Self esteem berkaitan dengan bagaimana orang menilai dirinya sendiri dan akan memengaruhi kehidupannya sehari-hari. Sedangkan Brandent (2005) berpendapat bahwa self esteem adalah keyakinan dari tindakan kita untuk menghadapi tantangan kehidupan. Self esteem adalah keyakinan untuk kita bahagia, perasaan berharga, serta kelayakan diri yang memungkinkan kita untuk menegaskan kebutuhan dan menikmati hasil dari kerja kita.

Jadi bisa disimpulkan bahwa self esteem adalah harga diri atau penilaian yang dimiliki seseorang terhadap dirinya sendiri. Hal ini meliputi perasaan individu terhadap nilai, kebermaknaan, kepercayaan, dan kepuasan terhadap diri sendiri.

Struktur self esteem melibatkan dua komponen utama:

  • Self Esteem yang Tinggi: Mencakup kepercayaan diri, rasa hormat terhadap diri sendiri, dan rasa peraya diri.
  • Self Esteem yang Rendah: Berhubungan dengan perasaan tidak aman, kecemasan, dan keraguan diri.

Dampak yang ditimbulkan sosial media terhadap self esteem:

  • Perbandingan Sosial yang Berlebihan

            Kehadiran terus-menerus dari kehidupan orang lain di media sosial dapat menyebabkan perasaan tidak puas terhadap diri sendiri. Orang sering membandingkan pencapaian dan penampilan mereka dengan apa yang mereka lihat di platform sosial, meningkatkan ketidakamanan dan menekan self esteem.

  • Membentuk Citra Diri

            Sosial media sering kali menjadi platform bagi individu untuk membangun citra diri mereka. Tapi, apakah citra yang dibangun berakar dari realitas atau hanya hasil pengeditan selektif? Ini dapat memengaruhi self esteem seseorang ketika mereka membandingkan kehidupan mereka dengan gambaran sempurna di media sosial.

  • Pengaruh Pemulihan dan Pemeliharaan Diri

            Namun, di sisi lain, sosial media dapat menjadi platform positif. Banyak komunitas yang didedikasikan untuk mempromosikan self care, memotivasi, dan mendukung pertumbuhan pribadi. Bagaimana kita dapat menggunakan sosial media untuk membangun self esteem yang sehat?

  • Respon Terhadap Komentar dan Like

            Komentar dan jumlah "like" di media sosial sering menjadi faktor pengukur seberapa "bernilai"nya seseorang di dunia digital. Perhatian ini dapat menjadi penyemangat, namun juga dapat merusak self esteem ketika ekspektasi tidak terpenuhi.

  • Mempertanyakan Kebenaran dan Kesadaran

            Banyaknya konten yang diedit secara visual dan naratif yang diperlihatkan di media sosial dapat memicu pertanyaan atas kebenaran dari informasi dan keadaan yang dipresentasikan. hal ini dapat mempengaruhi persepsi tentang realitas, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi self esteem.

Mengatasi Dampak Negatif

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun