Mohon tunggu...
Erenzh Pulalo
Erenzh Pulalo Mohon Tunggu... Musisi - Memanfaatkan Waktu untuk Menulis

Manfaat waktu untuk menulis

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Tujuh Alasan Mengapa Kita Harus Berdoa

10 Oktober 2021   14:40 Diperbarui: 10 Oktober 2021   14:42 476 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto: Cara Berdoa/Sumber

Setiap insan jika mengalami masalah, cobaan bahkan problema hidup yang menghimpit kehidupannya, apa yang ia lakukan ? Atau seorang mendapatkan berkat, semua keinginan terkabul dan tujuan hidupnya tercapai, apa yang harus ia lakukan ? Sebagai individu yang memiliki iman pasti ia akan berdoa.

Doa adalah sebuah permohonan berupa harapan, permintaan dan pujian yang diungkapkan oleh seorang individu kepada Tuhan.

Bagi umat Kristiani, Tuhan Yesus mengajarkan kepada kita bagaimana berdoa yang baik dengan cara Yang baik, jangan seperti orang munafik yang ingin didengar orang tetapi Tuhan Yesus menganjurkan berdoa seperti terdapat dalam Injil Matius 6:5-6 "Dan apabila kamu berdoa, janganlah berdoa seperti orang munafik. Mereka suka mengucapkan doanya dengan berdiri dalam rumah-rumah ibadat dan pada tikungan-tikungan jalan raya, supaya mereka dilihat orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya. Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu".

Kita sebagai orang percaya perlu mengetahui 7 alasan kenapa kita harus Berdoa.
1. Percobaan dapat dikalahkan dengan Berdoa, dalam Injil Matius 26 : 40 - 41 mengatakan "Setelah itu Ia kembali kepada murid-murid-Nya itu dan mendapati mereka sedang tidur. Dan Ia berkata kepada Petrus: "Tidakkah kamu sanggup berjaga-jaga satu jam dengan Aku? Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah."

Didunia yang fana ini kehidupan kita penuh dengan banyak pencobaan, tantangan hidup yang sebagai manusia biasa tidak bisa kita hadapi hanya lewat doa saja bisa kita kalahkan semua pencobaan.

2. Tuhan ada dalam setiap doa, dalam kitab Yesaya 55 : 6 mengatakan "Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat!"

Terkadang banyak orang bertanya kita berdoa apakah Tuhan mendengar ? Itu adalah pertanyaan yang salah, Tuhan berkata carilah Dia selama Ia masih berkenan ditemui dan berserulah kepada-Nya selama Ia dekat. Jadi di setiap kita memulai berdoa yakinlah bahwa Tuhan ada dalam setiap doa kita.

3. Ketekunan dihasilkan lewat doa, dalam Roma 12 : 12 mengatakan "Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa!"

Saat kita berdoa kepada Tuhan dengan penuh kesungguhan hati ingatlah hal itu menghasilkan ketekunan, dan perlu diketahui saat kita sabar dalam suatu masalah hidup dan dalam kesesakan hal itu dapat menggambarkan kita menghasilkan ketekunan dalam setiap doa kita.

4. Roh Kudus memberikan kuasa lewat doa, dalam kita Efesus 6 : 18 mengatakan "dalam segala doa dan permohonan. Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus,"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan