Mohon tunggu...
Erenzh Pulalo
Erenzh Pulalo Mohon Tunggu... Memanfaatkan Waktu untuk Menulis

Memanfaatkan Waktu Untuk Menulis

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

6 Hal Sederhana yang Menghambat Pendidikan di Mappi

17 Februari 2021   08:13 Diperbarui: 17 Februari 2021   08:18 237 7 2 Mohon Tunggu...

Menurut Undang-undang No. 20 Tahun 2003, Pendidikan di Indonesia didefinisikan sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Melalui proses pembelajaran, beragam manfaat dapat didapatkan oleh peserta didik. Manfaat-manfaat tersebut meliputi pengembangan kemampuan dan potensi, serta pembentukan watak. Pembentukan watak yang dimaksud adalah kreatif, cakap, mandiri dan bertanggung jawab.

Bagaimana keadaan  pendidikan di timur Indonesia. ? wajah pendidikan di Papua sangat jelas, masih tampak suram. Meskipun kini banyak orang Papua sudah bersekolah tinggi, bahkan hingga menjadi profesor dan doktor, namun realitas itu belum menggambarkan kondisi nyata wajah pendidikan di Papua.

Masalah pendidikan di Tanah Papua masih saja terdapat masalah yang harus diatasi pemerintah, terkait dengan layanan pendidikan. Kekurangan guru sekolah dasar di daerah-daerah pedalaman terpencil yang mengakibatkan proses pembelajaran tidak dapat berlangsung dengan baik.

Seperti pendidikan di kabupaten Mappi. Untuk mengatasi permasahan pendidikan, Pemda Kabupaten Mappi merekrut guru - guru kontrak dengan bekerjasama dengan Universitas Gajah Mada (UGM). Ini menjadi program prioritas Kristosimus Agawemu dan Jaya Ibnu Su'ud sebagai Bupati dan Wakil Bupati Mappi. Kondisi dan kualitas pendidikan selama ini masih timpang akibat minimnya tenaga pengajar di kampung-kampung.

Namun usaha Pemda belum bisa atasi  masalah  pendidikan, Ada banyak masalah yang menghambat pendidikan di Kabupaten Mappi, seperti :

1. Gedung sekolah di Palang

Gambar: Pemalangan SD Linggua (dokpri)
Gambar: Pemalangan SD Linggua (dokpri)
Bagiamana pendidikan di Kabupaten Mappi mau maju jika banyak permasahan yang terjadi di lapangan tak pernah hilang. Salah satu contoh besar ialah seperti gedung sekolah dipalang akibat tanah dibangun gedung sekolah belum dibayar. Masyarakat yang menalangi sekolah sama saja memutus kemajuan pendidikan.

Dalam hal ini belum ada kesadaran yang baik dari masyarakat setempat, gedung dibangun guna mendidik dan mempersiapkan generasi penerus Kabupaten Mappi, kalau tidak sekolah sama saja sudah menghalangi anak - anak untuk sekolah.

2. Guru PNS tidak berada ditempat tugas

Banyak guru senior yang notabennya sebagai PNS tidak berada ditempat, lebih senang di hutan mencari gaharu dibandingkan menjalankan tugas dan tanggungjawabnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x