Mohon tunggu...
Angga Resgiana Direza
Angga Resgiana Direza Mohon Tunggu... Traveller Karbit

Traveller Karbit

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Gunung Parang: Gudangnya Wisata Keterjalan!

11 September 2019   14:46 Diperbarui: 12 September 2019   12:21 0 2 1 Mohon Tunggu...
Gunung Parang: Gudangnya Wisata Keterjalan!
Pemanjatan lewat jalur Via Ferrata | dokpri

Ada banyak pilihan wisata petualangan yang dapat memacu adrenalin.  Wisata keterjalan adalah salah satunya. Diantara sederet pilihan, Gunung Parang yang berada di Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Purwakarta, barangkali, adalah satu yang paling lengkap.

Gunung Parang memiliki ketinggian 915 meter diatas permukaan laut. Sedangkan dari dasarnya, dinding tebing sebelah utara yang telah banyak dibuka untuk berbagai aktivitas wisata, memiliki tinggi sekira 500 meter. Ketinggian tebingnya tak tertandingi seantero Pulau Jawa!

Banyak Pilihan

Pertama-tama, cobalah mendaki hingga puncak melalui jalur hiking yang berada di bagian barat gunung. Jalur ini terdiri dari jalan setapak yang terus menanjak dan agak curam di beberapa bagian. Di beberapa titik memerlukan bantuan tangan untuk keseimbangan, dalam dunia pendakian, teknik seperti ini dikenal dengan istilah scrambling. Anda harus berhati-hati dalam melangkah agar terhindar dari pijakan-pijakan yang licin. Puncak bisa dicapai dalam dua hingga tiga jam perjalanan.

Dari puncak anda bisa melihat beberapa puncak lain, diantaranya: Gunung Bongkok (970 Mdpl), Gunung Lembu (668 Mdpl), serta Pasir Solasih (605 Mdpl). Selain itu, anda juga bisa menyaksikan genangan Waduk Jatiluhur yang berkilau, memantulkan cahaya matahari, dari puncak posisinya melintang berarah barat-timur. Bermalam sambil menyaksikan permukaan waduk yang berhiaskan gemerlap lampu pada barisan tambak ikan, bisa menjadi pilihan yang menyenangkan.

Di sisi lain, di bagian utara Gunung, Anda bisa mencoba melakukan pemanjatan pada dinding tegak dengan kemiringan hingga 90 derajat. Tak perlu cemas dengan keterampilan pemanjatan. Beberapa operator telah membuka jalur 'via ferrata' dengan membuat tangga besi yang akan membawa anda hingga ketinggian 350 meter dari dasar tanah.

Beberapa paket pemanjatan telah tersedia berdasarkan pada ketinggian, dari mulai 100 hingga 350 meter dengan harga 200-350 ribu rupiah, lengkap dengan peralatan keselamatan, guide, sertifikat, coffe break dan makan siang. Setelah briefing singkat, anda akan dibawa untuk menikmati panorama di ketinggian. Diatas sana, perpaduan kekaguman, kekhawatiran, serta adrenalin yang membuat jantung berdetak kencang barangkali akan menjadi sebuah pengalaman yang tak terlupakan. Lama pemanjatan sekira 2 jam perjalanan. via ferrata konon pernah dikakukan oleh anak usia 5 tahun hingga dewasa berumur 62 tahun.

Sementara itu, apabila menginginkan tantangan lebih, silahkan mencoba jalur panjatnya. Tanpa bantuan tangga, pilihan yang satu ini memerlukan pengetahuan dan keterampilan khusus, karena para pelakunya akan benar-benar memanjat dengan memanfaatkan cacat batuan yang terdapat pada dinding tebing untuk menambah ketinggian, baik itu berupa tonjolan, lekukan, celah, maupun tekstur berupa riak-riak kecil yang bisa dimanfaatkan sebagai pegangan dan pijakan. Aktivitas ini sebaiknya tak dilakukan jika tak memiliki keterampilan dan pengetahuan yang memadai, pelakunya harusnya melek alat, melek system, dan memiliki keterampilan pemanjatan. Namun, anda bisa mencobanya dengan didampingi pendamping yang berpengalaman.

Beberapa operator pun telah menyediakan paket ini. Ada banyak sekali jalur yang bisa dicoba. Mulai saja dengan jalur-jalur pendek dengan tingkat kesulitan yang disesuiakan dengan kemampuan, biasanya memiliki panjang jalur sekitar 15-25 meter. Pengunjung yang telah memiliki pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan biasanya akan menuntaskan pemanjatan secara mandiri, tanpa pemandu. Untuk mencapai puncak dengan panjang jalur lebih dari 400 meter, kadang kala memaksa para pemanjat untuk menginap di tengah perjalanan, berkemah di ketinggian ditengah ceruk-ceruk kecil di atas tebing.

Penggiat panjat tebing sedang melakukan pemanjatan di Tower 3 Taman Bouldering | dokpri
Penggiat panjat tebing sedang melakukan pemanjatan di Tower 3 Taman Bouldering | dokpri
Taman Bouldering

Bouldering merupakan salah satu varian dalam panjat tebing. Sesuai dengan namanya, pemanjatan ini dilakukan pada bongkah-bongkah (boulder) yang umumnya tak lebih tinggi dari empat meter. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2